4 Rekomendasi Wisata Tawangmangu untuk Liburan Akhir Pekan

 




Rekomendasi - Berbagai wisata Tawangmangu terletak di Karanganyar, Jawa Tengah yang terkenal dengan udara pegunungan dingin. Tawangmangu adalah kabupaten yang dikelilingi hutan dan perbukitan sehingga bisa menikmati pemandangan tersebut.

Ada banyak wisatawan yang datang ke sana, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Gunung Lawu, cocok untuk para wisatawan pencinta mendaki.


Wisata Tawangmangu



Letak kabupaten ini ada di dataran tinggi yang kaya akan keindahan alam. Tidak hanya gunung, Tawangmangu juga memiliki air terjun, pertanian, dan perbukitan yang sangat cantik seperti beberapa tempat di bawah ini.


1. Gunung Lawu

Lokasi Gunung Lawu ada di tiga kabupaten sekaligus yaitu Magetan, Ngawi, dan Karanganyar dengan berada di ketinggian 3.265 mdpl. Memiliki tiga gunung dengan nama hargo dumiling, hargo dumilah, dan hargo dalem.

Bagian lereng Gunung Lawu sering menjadi tempat objek atraksi seperti telaga sarangan yang menjadi daya tarik Tawangmangu. Saat Anda tiba di bagian puncak, akan berada seperti di negeri atas awan.

Masyarakat setempat masih memercayai ritual tanggal 1 Suro dn Anda bisa melihatnya jika datang saat itu. Tips liburan ke Gunung Lawu adalah selalu pastikan kondisi fisik sehat serta stamina kuat agar tidak kelelahan setibanya di puncak.

Trek yang akan Anda lalui cukup sulit sehingga Anda perlu hati-hati dan usahakan tidak pergi sendirian. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan selama menghabiskan waktu di puncak.


2. Air Terjun Grojogan

Rekomendasi wisata Tawangmangu berikutnya adalah Air Terjun Grojogan yang berada di lereng Gunung Lawu dan jaraknya 27 km dari pusat kota. Kalau Anda ingin datang ke lokasi bisa mengendarai bus tujuan Solo – Tawangmangu dengan biaya terjangkau yaitu 10 ribu rupiah.

Setibanya di lokasi, Anda perlu berjalan kaki sepanjang 1 km atau memilih naik angkutan umum dari terminal Tawangmangu. Arti Air Terjun Grojogan adalah air terjun seribu karena sesuai dengan ketinggiannya.

Terdapat banyak titik air terjun di area Grojogan Jahit dan harga tiket masuknya adalah 6 ribu rupiah. Ada beberapa tempat wisata lain di sekitar lokasi seperti tempat jual souvenir, tempat ibadah, satwa hutan, kolam renang, dan toko.


3. Air Terjun Jumog

Lokasi Air Terjun Jumog ada di Desa Berjo, Karanganyar yang jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Solo menuju Tawangmangu. Air Terjun Jumog memiliki ketinggian mencapai 25 sampai 30 meter dan sering disebut sebagai surga yang hilang.

Hal ini karena tidak jarang pelangi melintasi tempat ini sehingga sayang sekali kalau melewatkan pemandangan cantik ini. Terdapat banyak fasilitas yang tersedia di Air Terjun Jumog di antaranya adalah permainan anak, kolam renang, tempat makan, tempat istirahat, dan sebagainya.

Anda tidak perlu khawatir karena di lokasi terdapat tempat penginapan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Anda bisa menemukan homestay dan cottage yang sangat nyaman.


4. Taman Wisata Balekambang

Ada lagi wisata Tawangmangu yaitu Taman Wisata Balekambang yang menyediakan berbagai spot foto menarik dan instagenic. Datang ke Taman Wisata Balekambang seperti sedang berlibur ke berbagai negara.

Hal ini karena ada banyak spot seperti patung-patung raksasa, landmark dunia, dan 3D art studio. Wisatawan yang datang perlu membayar biaya tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah dengan biaya tambahan untuk wahana yaitu 5 rib hingga 30 ribu.


Ada banyak wisata Tawangmangu yang bisa Anda kunjungi saat liburan ke sana bersama keluarga atau sendiri. Wisatawan bisa berkunjung ke tempat yang dirasa seru dan menyenangkan. 


Gita Welastiningtias

Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak