5 Rekomendasi Kuliner Garut yang Unik dan Harganya Terjangkau

5 Rekomendasi Kuliner Garut yang Unik dan Harganya Terjangkau

 

5 Rekomendasi Kuliner Garut yang Unik dan Harganya Terjangkau

Rekomendasi - Kabupaten Garut ada di Provinsi Jawa Barat yang menyajikan banyak kuliner Garut dengan rasa lezat dan jarang ditemukan di wilayah lain. Lokasi Kabupaten Garut berbatasan dengan banyak kabupaten seperti Tasikmalaya, Sumedang, dan Majalengka.

Selain itu, Garut juga berdekatan dengan Bandung dan Cianjur yang memiliki keindahan alam seperti dua kota tersebut. Anda bisa mencicipi makanan di kota ini sampai puas saat berlibur ke Garut.


Kuliner Garut

5 Rekomendasi Kuliner Garut yang Unik dan Harganya Terjangkau


Tidak perlu khawatir kalau merasa lapar saat bepergian ke Garut karena banyak yang menjual makanan khas kota sana. Harganya juga sangat terjangkau sehingga Anda bisa mencicipi banyak makanan di bawah ini.


1.      Burayot

Burayot adalah makanan yang bisa Anda temukan di Kecamatan Leles, namun ada juga di daerah lain yang memproduksi burayot. Bentuknya bulat keriput dan cara membuatnya digantung.

Dalam Bahasa Sunda sering disebut dengan ngaburayot dan terbuat dari minyak kelapa, kacang tanah, gula merah, dan tepung beras merah. Walaupun begitu, makanan ini memiliki warna coklat dan rasanya manis.


2.      Ladu

Apakah Anda pernah mendengar nama ladu? Ladu pertama kali muncul di Kabupaten Garut tepatnya di Kecamatan Malangbong. Makanan ini terbuat dari ketan putih kemudian diolah menggunakan gula aren dan gula kelapa.

Bentuk ladu tampak seperti dodol dan teksturnya juga kenyal, hanya saja tampak keras dan kasar. Rasa makanan satu ini manis, jadi sangat disayangkan kalau Anda melewatkan ladu saat ke Garut.


3.      Kerupuk Kulit Dorokdok

Dorokdok adalah salah satu kuliner Garut berupa kerupuk kulit khas masyarakat Garut Kota Tarogong dan dijual di daerah sekitarnya. Rasa dari dorokdok adalah renyah, gurih, dan teksturnya tampak kuat.

Anda perlu tahu bagaimana proses produksi dari dorokdok karena sangat unik yaitu melakukan proses penyamakan kulit. Adapun bahan baku yang tidak digunakan untuk membuat dorokdok bisa diolah menjadi kerupuk kulit juga.


4.      Sambal Cibiuk

Kalau Anda suka makanan pedas dan sedang mencari oleh-oleh buat keluarga di rumah tidak ada salahnya untuk mencoba sambal cibiuk. Ada kepercayaan yang tersebar di antara masyarakat Garut yaitu sambal cibiuk berasal dari Arab.

Cita rasa yang tersajikan berbeda dengan jenis sambal lainnya karena terbuat dari surawung, cabe rawit, tomat hijau, dan masih banyak lagi. Walaupun pedas, namun Anda tidak akan merasakan sensasi panas di perut.

Tidak hanya di Garut, Anda juga bisa mendapatkan sambal cibiuk di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Zaman dulu, sambal cibiuk disajikan untuk menyambut tamu spesial, hanya saja sekarang sudah bisa dikonsumsi masyarakat umum.


5.      Soto Ayam Garut

Siapa bilang rasa soto di setiap daerah sama saja? Anda perlu mencicipi salah satu kuliner Garut ini. Soto ayam Garut memiliki kuah yang gurih dan asin dibanding soto lainnya karena ada rempah dan santan.

Warnanya juga tampak kuning pekat dan kuahnya malah tampak bening. Anda bisa mencicipi soto ayam khas Garut dengan tambahan bawang goreng dan kacang kedelai.

Soto ayam Garut adalah salah satu bukti makanan Sunda yang sulit dilupakan karena kelezatannya. Harga yang ditawarkan penjual kepada penikmat soto ayam Garut sangat terjangkau.


Kelima kuliner Garut di atas adalah makanan yang memiliki keunikan masing-masing dan harus Anda coba kalau sedang jalan-jalan ke kota tersebut.



Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar