Rekomendasi 7 Tips Menabung Khusus untuk Pemula

Rekomendasi 7 Tips Menabung Khusus untuk Pemula

Rekomendasi 7 Tips Menabung Khusus untuk Pemula


Rekomendasi - Walaupun Anda adalah seorang pelajar bukan berarti tidak bisa menabung setiap hari. Ada beberapa tips menabung yang bisa Anda lakukan misalnya dengan menyisihkan uang setiap hari. 

Menabung bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan apalagi jika Anda mendapatkan uang saku harian. Anda bisa menyisihkan uang tersebut kemudian ditabung di tempat tertentu misalnya di celengan.


Tips Menabung

Rekomendasi 7 Tips Menabung Khusus untuk Pemula


Kebiasaan menabung perlu ditanamkan sejak dini karena ini adalah kegiatan positif yang bisa dilakukan. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan di hari tua agar Anda tidak bingung keuangan lagi. Berikut ini beberapa tips menabung yang dapat diterapkan.


1. Menyisihkan Sedikit Uang 

Jika Anda mendapatkan bekal setiap hari, maka tidak ada salahnya untuk menyisihkan sedikit uang agar bisa ditabung. Anda bisa menyisihkan berapapun untuk ditabung misalnya 5 ribu atau 10 ribu. 

Berapapun nominal yang hendak Anda tabung setidaknya bisa menambah saldo tabungan, jadi Anda tidak terlalu boros. Sedikit demi sedikit tabungan tersebut pasti akan terus bertambah, jadi tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri dengan menabung. 

Biasanya seseorang bisa rajin menabung karena ada sesuatu yang ingin dia dapatkan, karena itu Anda perlu rajin menambah saldo tabungan agar target bisa tercapai.


2. Mengeluarkan Uang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips menabung berikutnya adalah dengan mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan saja, jadi tidak belanja karena hanya ingin. Anda perlu membuat skala prioritas agar bisa mulai menabung harian. 

Jika Anda masih seorang pelajar, kebutuhan utama adalah konsumsi, transportasi, dan kebutuhan untuk belajar. Pastikan dulu bahwa Anda sudah memenuhi kebutuhan untuk belajar misalnya dengan membeli buku dan peralatan tulis. 


3. Memanfaatkan Promo dan Diskon Saat Berbelanja

Anda juga bisa memanfaatkan promo dan diskon yang didapatkan saat berbelanja agar sisa uang bisa ditabung. Menabung secara efektif akan membawa banyak manfaat yang menguntungkan dalam satu bulan. 

Contohnya adalah dengan membeli produk diskon di supermarket agar menjadi lebih murah. Anda bisa membaca katalog dulu sebelum membeli produk karena hal ini bisa dijadikan sebagai cara untuk berhemat. 

Tidak hanya di supermarket, Anda pun bisa memanfaatkan promo dan diskon di transportasi online yang tidak kalah menguntungkan.


4. Mengurangi Kebiasaan Buruk

Tips menabung berikutnya adalah dengan mengurangi kebiasaan buruk seperti berbelanja hal-hal yang tidak perlu. Apalagi jika Anda termasuk orang yang konsumtif sebaiknya mulai belajar menahan diri agar tidak boros. 

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan berhenti berlangganan di situs pemasaran yang terkadang membuat Anda tergoda akan penawarannya. Selain itu, Anda juga bisa memasak makanan agar bisa lebih menghemat pengeluaran.


5. Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika pemasukan utama Anda habis di pengeluaran kebutuhan sehari-hari, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencari pekerjaan tambahan. Anda bisa memulai bekerja paruh waktu atau freelance yang bisa dikerjakan dari mana saja untuk menambah pemasukan. 

Contohnya adalah dengan merawat peliharaan orang lain, menawarkan jasa pengemudi, dan menawarkan jasa lainnya. 


6. Mengurangi Hutang 

Tips berikutnya adalah dengan mengurangi hutang kepada orang lain. Usahakan untuk melunasi hutang dulu sebelum mengajukan pinjaman. Hal ini karena rasio hutang bisa memengaruhi tingkat bunga.


7. Mencatat Anggaran Dana

Terakhir adalah mencatat anggaran pemasukan dan pengeluaran dalam satu bulan agar bisa menyisihkan uang untuk menabung.


Tips menabung di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari jika ingin memiliki simpanan untuk hari tua.


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar