Rekomendasi Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Keluar Kota

Rekomendasi Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Keluar Kota

Rekomendasi Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Keluar Kota


Rekomendasi - Mabuk perjalanan adalah hal yang biasa dialami oleh siapa saja yang sedang bepergian berwisata atau keluar kota. Tidak hanya penumpang mobil saja yang membutuhkan tips agar tidak mabuk perjalanan melainkan juga penumpang kereta api, kapal laut, dan pesawat.

Biasanya orang akan mengonsumsi obat tertentu yang bisa mengatasi mabuk perjalanan. Anda juga bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk mengalihkan perhatian agar tidak mabuk. Selengkapnya mengenai bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan bisa simak artikel ini.


Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Rekomendasi Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Keluar Kota


Gejala mabuk perjalanan adalah mengalami sakit kepala, keringat dingin, muntah, dan mual ringan. Karena itu Anda membutuhkan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut seperti berikut ini.


1.  Mengalihkan Perhatian dengan Mendengarkan Musik atau Berbincang

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengalihkan perhatian dengan mendengarkan musik atau berbicara kepada teman. Mendengarkan musik menurut penelitian bisa mengatasi muntah.

Atau Anda juga bisa dengan mengalihkan perhatian dari rasa mual dengan berbicara kepada teman. Anda bisa bercerita mengenai topik apa saja yang ringan yang tidak membuat kepala terasa pusing.

Dengan dua aktivitas di atas Anda bisa mengurangi gejala mabuk perjalanan seperti muntah dan perut mual.


2.  Menghadap ke Arah Depan atau ke Jalan

Tips agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan menghadap ke arah depan atau ke jalan agar pikiran bisa teralihkan. Anda bisa mengambil tempat duduk di bagian depan dan mata fokus untuk melihat jalanan.

Cara ini terbukti ampuh dengan memutuskan hubungan antara telinga dan mata bagian dalam yang bisa menimbulkan gejala mabuk perjalanan. Dengan berfokus pada jalanan di depan Anda tidak akan mual lagi.


3.  Mengonsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu juga terbilang cukup ampuh dalam mengatasi permasalahan satu ini. Anda bisa memilih memakan buah kering yang kaya akan sodium untuk mencegah mabuk perjalanan.

Pilihan lain adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan kalium dan protein yang tinggi seperti pisang agar kebutuhan mineral terpenuhi. Mengonsumsi jahe juga terbilang tepat untuk mengurangi mual dan mengurangi aktivitas lambung yang tampak kurang normal.

Pilihan terakhir adalah dengan memakan roti gandum karena mudah dicerna tubuh sehingga menghambat perasaan mual muncul.


4.  Menghirup Udara Segar

Menghirup udara segar adalah tips agar tidak mabuk perjalanan berikutnya karena jika Anda berada dalam kendaraan tertutup dalam waktu lama bisa menimbulkan mual. Hasilnya adalah Anda akan merasa mual, pusing, dan pengap sehingga berujung muntah.

Ketika tubuh Anda mulai merasa pengap, Anda bisa mencoba untuk mencari udara segar dengan membuka jendela, ini adalah tips agar bisa meredakan mual diperut.

Namun jika tidak memungkinkan untuk membuka jendela bisa mengarahkan AC ke diri Anda agar mendapatkan sirkulasi udara yang baik.


5.  Menghirup Minyak Peppermint

Menghirup minyak peppermint adalah salah satu tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi perasaan mual yang datang saat di perjalanan. Aroma yang dihasilkan dari minyak peppermint terbukti ampuh untuk meredakan perasaan mual.

Namun yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak menghirup minyak ini selama lebih dari 1 jam karena bisa menimbulkan perasaan mual.


Anda bisa menerapkan salah satu dari lima tips agar tidak mabuk perjalanan di atas. Anda bisa mencoba mana tips yang sekiranya bisa diterapkan dengan mudah dan memungkinkan dilakukan saat berwisata. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar