7 Rekomendasi Cara SS di Laptop yang Mudah Diterapkan

7 Rekomendasi Cara SS di Laptop yang Mudah Diterapkan

7 Rekomendasi Cara SS di Laptop yang Mudah Diterapkan


Rekomendasi - Tidak jarang ketika sedang bekerja, Anda ingin merekam layar dengan lebih mudah dan cepat agar bisa membaca informasi tersebut di waktu yang akan datang. Ada banyak cara ss di laptop yang mudah Anda terapkan.

Pentingnya tahu bagaimana cara merekam layar agar Anda bisa menyimpan informasi penting daripada mencatat karena lebih lama. Misalnya Anda menemukan hal menarik di website atau ketika rapat online, jadi tidak perlu membuka catatan lagi.


Cara SS di Laptop

7 Rekomendasi Cara SS di Laptop yang Mudah Diterapkan


Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan apabila ingin merekam layar dengan cepat dan mudah di laptop.


1.  Alt + Print Screen

Cara pertama adalah dengan menekan tombol alt + print screen yang bisa Anda manfaatkan untuk menangkap seluruh bagian layar. Kedua tombol ini akan membantu Anda untuk menangkap bagian penting layar ketika membuka banyak jendela.

Hasilnya akan langsung masuk ke bagian clipboard, jadi Anda bisa menyimpannya melalui Microsoft Paint agar masuk ke file gambar.


2.  Win + H

Win + H adalah cara ss di laptop yang bisa Anda lakukan selain cara pertama di atas. Apabila Anda menggunakan Windows 10 maka bisa menerapkan cara ini agar hasil tangkapan layar muncul di aplikasi tertentu.

Jadi ketika Anda menekan kedua tombol ini maka akan langsung menangkap layar ke jendela yang masih aktif.


3.  Snipping Tool

Snipping Tool adalah tools yang biasanya sudah tersedia di laptop itu sendiri. Menggunakan Snipping Tool termasuk cara yang mudah dilakukan karena Anda bisa mengatur akan menangkap layar yang bagian mana.

Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menyimpan informasi penting secara spesifik dan menyimpannya di file dokumen. Selain itu, Anda bisa melakukan crop untuk mengambil bagian yang penting saja.

Tidak hanya itu, Snipping Tool juga memungkinkan Anda untuk menambah coretan pada hasil tangkapan layar agar lebih mudah dibaca.


4.  Menggunakan Tombol PrtSc

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan tombol PrtSc atau Print Screen sebanyak satu kali maka hasil tangkapan layar akan tersimpan langsung di clipboard. Untuk menyalin hasil tangkapan tersebut, Anda bisa menekan CTRL + V.

Setelah itu Anda bisa melihat hasilnya melalui Microsoft Word, Microsoft Paint, atau bisa juga dengan Google Docs. Anda bisa menggunakan fitur ini pada berbagai tipe dan banyak model.


5.  Tombol Windows + PrtSc

Cara SS di laptop berikutnya adalah dengan menekan tombol Windows + PrtSc yang bisa diterapkan di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan seri Windows 11.

Keunggulan menggunakan tombol ini adalah hasil tangkapan layar akan langsung masuk ke direktori C sehingga Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk menyimpan file hasil tangkapan layar.


6.  Tombol Volume Atas + Power

Tombol volume atas + power adalah tombol yang bisa Anda gunakan untuk menangkap layar di Windows 10 dengan perangkat Microsoft Surface. Dengan menggunakan dua tombol tersebut maka hasil tangkapan layar akan tersimpan di folder gambar.


7.  Windows + Volume Bawah

Terakhir adalah tombol windows + volume bawah yang bisa Anda manfaatkan untuk menangkap layar di Windows Surface. Hasil tangkapan layar akan langsung tersimpan di folder gambar.


Semua cara ss di laptop bisa Anda coba satu per satu dan cari mana sekiranya cara yang lebih mudah dilakukan. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar