7 Rekomendasi Kuliner Gresik yang Bikin Nagih

7 Rekomendasi Kuliner Gresik yang Bikin Nagih

7 Rekomendasi Kuliner Gresik yang Bikin Nagih


Rekomendasi - Gresik bisa menjadi rekomendasi kota yang bisa Anda kunjungi jika ingin berlibur. Di kota ini terdapat berbagai rekomendasi kuliner Gresik yang rasanya sangat lezat dan harus Anda coba karena membuat ketagihan. 

Makanan yang tersaji di Kota Gresik kemungkinan belum tentu bisa Anda dapatkan di kota lainnya. Anda bisa menemukan makanan berat dan camilan di Gresik dengan membaca rekomendasi di bawah ini. 


Kuliner Gresik

Wisata kuliner selalu menjadi hal yang menarik untuk dilakukan, jadi kalau Anda sedang berada di Gresik tidak ada salahnya untuk mencoba beebrapa makanan di bawah ini. 

7 Rekomendasi Kuliner Gresik yang Bikin Nagih


1. Nasi Karak

Nasi karak adalah salah satu makanan yang memiliki nama unik dan nama lainnya adalah sego karak. Nasi karak adalah makanan yang terdiri dari nasi dan ketan hitam yang sudah dimasak hingga matang. 

Masyarakat Gresik satu ini biasanya tersaji dengan tempe goreng dan parutan kelapa. Anda bisa mengonsumsi nasi karak sebagai menu sarapan di pagi hari. Agar lebih lezat, Anda bisa menambahkan cabai untuk merasakan sensasi pedas.


2. Nasi Gulung

Masih berupa nasi, kuliner Gresik selain nasi karak yang bisa Anda coba adalah nasi gulung yang dapat Anda temukan di Pasar Sangkapura. Nasi gulung adalah makanan yang bentuknya berupa lontong dan digulung dengan daun pisang 

Setelah itu, makanan ini ditambah dengan abon ikan yang sebelumnya sudah tersedia namun disajikan berbeda dengan nasi.


3. Bonggolan

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar istilah bonggolan? Bonggolan adalah camilan khas Gresik yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Dari namanya saja membuat makanan ini tampak unik. 

Di dalam bonggolan berisi berbagai jenis ikan yang bisa menggugah selera. Daging ikan tersebut kemudian diberi tepung kanji yang sebelumnya sudah diberi bumbu. Bumbu untuk daging ikan berupa garam, merica, dan bawang putih. 


4. Jubung 

Jubung adalah makanan khas Gresik yang dibalut dengan kulit pohon pinang dan di dalamnya berisi campuran wijen dan ketan hitam. Disebut jubung karena makanan ini dibalut dengan kulit pohon pinang. Sedangkan bagian atas jubung biasanya diberi tambahan wijen. 


5. Rawon Tulang Pak Nawi

Rawon Tulang Pak Nawi adalah salah satu rekomenasi kuliner Gresik yang terkenal dengan kuah coklatnya yang tampak menggoda. Masyarakat Gresik sering menjadikan makanan ini sebagai menu sarapan. 

Rawon yang disediakan oleh Pak Nawi tidak terlalu berminyak dan pekat serta rasa airnya juga segar, gurih, dan sedikt asam. Bisa memanjakan lidah bagi siapapun yang mencicipi makanan ini. 

Jika biasanya rawon disajikan dengan taoge, namun di warung Pak Nawi berbeda karena disajikan dengan daging sapi. Selain itu, daging sapi juga sangat empuk sehingga rasanya nyaman saat dimakan. 


6. Sego Roomo Mbak Dewi

Berikutnya adalah Sego Roomo Mbak Dewi yang tidak kalah lezat dari makanan di atas. Disebut sebagai Roomo karena Roomo adalah nama desa tertua di Gresik. Makanan ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan bubur sumsum dan pasta namun terbuat dari tepung beras. 

Warung Mbak Dewi ini sudah buka selama 15 tahun dan masih terus eksis hingga saat ini. Hal ini karena Sego roomo yang dihasilkan sangat lezat dan terdiri dari perpaduan rasa manis, gurih, dan asin. 


7. Nasi Ayam Adun Bu Mani

Terakhir adalah Nasi Ayam Adun Bu Mani yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan masih ada hingga sekarang. Nasi Ayam Adun yang tersedia berisi banyak lauk berupa nasi, ayam, serundeng, dan ekstra kulit ayam. 


Ketujuh rekomendasi kuliner Gresik di atas bisa Anda coba bagi yang ingin melakukan wisata kuliner selama liburan di Gresik. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar