5 Rekomendasi Bahan Alami untuk Luka Bakar, Dijamin Ampuh!

Bahan alami untuk luka bakar
Bahan alami untuk luka bakar 


Rekomendasi - Luka bakar memang terjadi karena beberapa faktor mulai dari sengatan api, knalpot dan lainnya. Biasanya luka bakar bisa menimbulkan rasa sakit berkepanjangan jika tidak diobati. Padahal terdapat bahan alami untuk luka bakar.

Salep luka bakar memang saat ini sudah memiliki jenis yang beragam. Namun, Kamu bisa menggantikan salep luka bakar dengan bahan alami. Sebab bahan alami minim resiko dan efek samping, sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.

5 Bahan Alami untuk Luka Bakar yang Terbukti Efektif

Bahan alami untuk luka bakar
Bahan alami untuk luka bakar 


Meskipun saat ini sudah banyak salep luka bakar, Kamu bisa menggunakan bahan alami yang mudah dicari. Selain mempercepat proses penyembuhan luka, bahan alami cenderung lebih aman digunakan. Berikut bahan alami untuk mengobati luka bakar:

1. Lidah Buaya 

Banyak orang yang menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka bakar. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki sifat pendingin dan mati rasa. Sifat inilah yang mampu mengurangi rasa perih di bagian tubuh yang terkena luka bakar.

Bagi Kamu yang ingin menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka bakar, cukup oleskan gel pada bagian luka secara rutin. Sifat antiinflamasi nya dapat mengurangi peradangan dan kulit membengkak akibat luka bakar sehingga bahan ini terbukti ampuh.

2. Teh Hijau

Selain menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka bakar, teh hijau juga dapat dijadikan sebagai pilihan. Sebab teh hijau memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Sebelum mencobanya, seduh teh terlebih dulu.

Setelah air teh berubah menjadi keruh, ambil kantong teh dan tempelkan pada luka bakar. Jika ingin sifat antiseptiknya lebih kuat, Kamu bisa menambahkan soda kue. Lakukan cara ini secara rutin sampai luka melepuh di kulit perlahan membaik.

3. Madu

Obat luka bakar melepuh yang selanjutnya yaitu madu. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengobati luka bakar ringan dengan cara dioleskan ke permukaan kulit. Sebab madu memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiinflamasi.

Selain itu, madu juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Hal inilah yang membuat beberapa orang memilih madu sebagai obat luka bakar melepuh. Terlebih madu mudah untuk didapatkan.

4. Minyak Kelapa

Dalam kehidupan manusia, minyak kelapa memiliki banyak manfaat seperti mengobati luka bakar. Obat luka bakar melepuh yang satu ini dapat membantu regenerasi sel kulit. Bahkan minyak kelapa juga mengandung sifat anti inflamasi.

Tidak hanya itu saja, bahan alami untuk luka bakar yang satu ini juga mencegah jaringan parut pada kulit. Oleh karena itu, minyak kelapa dapat dijadikan sebagai alternatif alami untuk mengobati luka bakar. Terlebih bahan ini akan digunakan dalam jangka panjang.

5.Susu

Memiliki kandungan lemak dan protein, membuat produk ini dapat menenangkan luka bakar. Bahkan susu dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar, sehingga bahan alami ini dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Apabila ingin mencoba cara ini, Kamu hanya perlu merendam luka bakar ke dalam susu. Kemudian lakukan cara ini selama 15 menit. Lakukan cara ini berulang kali untuk mendapatkan hasil maksimal. Tujuannya agar luka bakar di kulit lebih cepat kering.

Bahan alami untuk luka bakar memang mudah dicari dan dicoba. Namun, Kamu harus melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah kulit terasa gatal, Kamu bisa mengurangi pemakaian bahan alami tersebut. 

Dwi Synta

Hai, saya Synta, seorang SEO Content Writer dengan pengalaman 3 tahun Suka menciptakan konten yang ramah mesin pencari dan bermanfaat bagi semua orang. Ayo tingkatkan ilmu SEO! �� #SEOContentExpert

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak