Rekomendasi Makanan untuk Penderita Hipertensi, Dijamin Darah Akan Turun!

Makanan untuk penderita hipertensi
Makanan untuk penderita hipertensi 


Rekomendasi - Memiliki riwayat darah tinggi sering dikeluhkan banyak orang. Sebab penyakit ini akan menimbulkan rasa pusing dan keluhan lainnya. Oleh karena itu, banyak orang mencari makanan untuk penderita hipertensi yang ampuh menurunkan darah. 

Mengonsumsi penurun darah tinggi alami sering menjadi pilihan. Selain tidak membahayakan kesehatan, bahan alami juga mudah untuk dicari. Oleh karena itu, tidak heran jika bahan alami sering menjadi pilihan bagi penderita hipertensi.

6 Makanan untuk Penderita Hipertensi

Makanan untuk penderita hipertensi
Makanan untuk penderita hipertensi 


Secara umum, penderita hipertensi harus memperhatikan pola makan dengan baik. Sebab ada banyak makanan penyebab hipertensi, sehingga Anda harus selektif dalam memilih jenis makanan. Berikut makanan yang boleh dikonsumsi penderita hipertensi:

1. Brokoli

Sayuran yang satu ini terkenal dengan kandungan mineral seperti kalium, magnesium, hingga kalsium. Oleh karena itu, banyak orang menjadikan brokoli sebagai obat alami ingin menurunkan darah tinggi. Terlebih brokoli mudah untuk didapatkan di pasar.

Tidak hanya itu saja, brokoli juga dapat mengatasi kerusakan pada pembuluh darah arteri. Alasan inilah yang membuat banyak orang mengonsumsi penurun darah tinggi alami. Terlebih brokoli juga dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti jantung.

2. Biji Rami

Pada dasarnya mengonsumsi penurun darah tinggi alami memang tidak membahayakan kesehatan tubuh. Akan tetapi, makanan yang dikonsumsi harus memiliki kandungan gizi. Biji rami juga dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi secara alami.

Selain itu, biji rami juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang baik untuk penekanan darah. Menariknya banyak kandungan biji rami yang dapat menstabilkan kondisi darah seperti, peptida, serat, asam Alfa, hingga lignan.

3. Kentang

Menghindari makanan penyebab hipertensi menjadi hal utama yang harus Anda lakukan jika memiliki riwayat darah tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi kentang sebagai alternatif obat alami hipertensi. Sebab kentang tinggi akan serat kalium.

Tidak hanya itu saja, kentang juga mengandung magnesium dan serat. Beberapa kandungan tersebut cukup efektif untuk menurunkan darah tinggi. Pada saat memasak kentang, sebaiknya jangan diberi garam terlalu banyak agar darah cepat turun.

4. Coklat Hitam

Agar tekanan darah tetap stabil, sebaiknya hindari makanan penyebab hipertensi seperti garam. Sebaiknya, Anda bisa mengonsumsi coklat hitam sebagai obat alami hipertensi. Sebab coklat hitam mengandung flavonoid dan antioksidan untuk mengatasi hipertensi.

Jika kesulitan memilih jenis coklat hitam, sebaiknya Anda memilih coklat dengan kandungan kakao sekitar 70%. Semakin tinggi kakao pada coklat maka semakin cepat menurunkan tekanan darah tinggi. Terlebih bahan ini bisa melancarkan aliran darah.

5. Alpukat

Makanan untuk penderita hipertensi selanjutnya yaitu alpukat. Buah yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa gurih. Selain itu, alpukat juga kaya akan lemak sehat dan nutrisi lainnya. Oleh karena itu, alpukat dapat menurunkan tekanan darah.

Pada saat akan mengonsumsi alpukat, sebaiknya dijadikan sebagai jus. Dengan membuat jus alpukat, maka buah akan terasa lezat dan segar. Namun, usahakan untuk tidak mencampurkan bahan lain yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

6. Bayam

Secara umum, Batam merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, bayam juga dapat menstabilkan tekanan darah. Hal ini terjadi karena bayam memiliki kandungan nitrat alami yang dapat melonggarkan pembuluh darah.

Tidak hanya itu saja, bayam juga efektif dalam memperlancar aliran darah. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi bayam agar tekanan darah tetap stabil. Sebab tekanan darah yang tidak stabil bisa menimbulkan efek samping seperti pusing.

Itulah beberapa makanan untuk penderita hipertensi. Setelah mengetahui beberapa makanan tersebut, Anda bisa mengonsumsinya. Namun, jika tekanan darah semakin tinggi segera lakukan konsultasi dengan dokter. 

Dwi Synta

Hai, saya Synta, seorang SEO Content Writer dengan pengalaman 3 tahun Suka menciptakan konten yang ramah mesin pencari dan bermanfaat bagi semua orang. Ayo tingkatkan ilmu SEO! �� #SEOContentExpert

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak