Rekomendasi Obat Batuk Alami yang Efektif dan Aman Bagi Kesehatan

Rekomendasi Obat Batuk Alami yang Efektif dan Aman Bagi Kesehatan

Obat batuk alami
Obat batuk alami 


 Rekomendasi - Batuk menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh manusia. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya cuaca yang buruk. Meskipun demikian, Kamu bisa memanfaatkan obat batuk alami untuk mengatasinya.

6 Obat Batuk Alami yang Mudah Dicari

Obat batuk alami
Obat batuk alami


Pada saat batuk, otomatis tenggorokan terasa sakit. Dalam beberapa kondisi banyak orang yang sulit menelan makanan. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan bahan alami untuk mengobatinya. Berikut beberapa bahan alami untuk obat batuk:

1. Akar Licorice

Sejak zaman dahulu, akar Licorice sering dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Sebab akar ini dapat mengatasi rasa sakit di dalam tenggorokan akibat batuk. Beberapa penelitian mengatakan akar Licorice mengandung ekspektoran dan demulcent

Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengobati batuk berdahak. Selain itu, akar ini juga dapat menjadi pelindung membran mukosa di saluran pernafasan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang menggunakan akar ini untuk mengobati batuk berdahak.

2. Lemon

Buah yang satu ini memang sering dijadikan sebagai bahan minuman, sebab rasanya segar. Tidak hanya itu saja, buah lemon ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Sebab lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan imun tubuh.

Rasa sakit di dalam tenggorokan akan hilang ketika Kamu mencoba cara ini secara rutin. Untuk mengobati batuk dengan lemon, Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok air lemon dengan madu. Kemudian aduk dua bahan tersebut, dan minum seperti biasa.

3. Kunyit

Rekomendasi Obat batuk alami selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit dapat mengatasi rasa sakit di dalam tenggorokan. Hal ini disebabkan karena kunyit mengandung sifat antiradang dan sifat antibakteri yang ampuh melawan bakteri penyebab batuk.

Apabila Kamu ingin mencoba cara ini, siapkan kunyit terlebih dahulu. Kemudian hancurkan kunyit hingga lembut, dan campurkan dengan susu. Selain susu, Kamu juga bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan garam atau teh.

4. Jahe

Sebagian orang tentu sudah tidak asing dengan jahe. Sebab jahe seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri di tenggorokan saat mengalami batuk. Sebab jahe memiliki kandungan antivirus, antiinflamasi dan juga antibakteri.

Secara umum, banyak orang yang sudah menerapkan cara ini. Sebab cara mengobati batuk dengan jahe tergolong cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus jahe dengan air bersih. Kemudian jika sudah mendidih, diamkan sebentar dan minum seperti biasa.

5. Air Garam Hangat

Rasa nyeri di tenggorokan saat batuk tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Akibatnya aktivitas yang seharusnya berjalan lancar justru harus tertunda. Untuk mengatasi hal ini, Kamu dapat mengobati batuk dengan campuran air dan garam.

Menurut beberapa pendapat, air garam hangat dapat mengencerkan dahak. Bahkan air garam juga dapat menghambat perkembangan bakteri pemicu infeksi tenggorokan. Oleh karena itu, tidak heran jika cara ini sering dilakukan oleh banyak orang.

6. Cuka Apel

Bahan makanan yang satu ini terbukti efektif dalam mencegah infeksi tenggorokan. Selain itu, cuka apel juga mudah untuk dicari. Menariknya, cara mengobati batuk dengan cuka apel tergolong cukup mudah.

Apabila Kamu ingin mencoba cara ini, siapkan sekitar 1-2 sendok cuka air dan masukkan dalam gelas air. Selanjutnya, gunakan campuran bahan tersebut untuk kumur-kumur. Untuk mencoba cara ini, Kamu harus mengkonsultasikan dulu dengan dokter.

Beberapa obat batuk alami tersebut memang mudah untuk didapatkan. Oleh karena itu, banyak orang menggunakannya untuk mencegah infeksi tenggorokan. Sebab infeksi di saluran pernapasan akan membahayakan kesehatan.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar