6 Rekomendasi Kuliner Blitar yang Layak Dicoba

 

6 Rekomendasi Kuliner Blitar yang Layak Dicoba


Rekomendasi Blitar adalah kota di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata baik dari wisata alam maupun kuliner Blitar. Ada banyak makanan khas yang menjadi andalan masyarakat Blitar untuk menarik minat wisatawan.

Lokasi Kabupaten Blitar adalah berbatasan lagsung dengan Kabupaten Kediri di Gunung Kelud dan bagian timurnya ada di lereng Gunung Kawi. Blitar adalah kabupaten yang berdekatan dengan Malang.


Kuliner Blitar


6 Rekomendasi Kuliner Blitar yang Layak Dicoba


Saat Anda berkunjung ke Blitar, ada banyak pilihan kuliner dan wisata alam yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah mencicipi kelezatan dan rasa manis dari wajik kletik. Selain itu, Blitar juga memiliki makanan khas seperti berikut.


1. Wajik Kletik

Wajik kletik adalah makanan yang rasanya manis dan selalu dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Blitar. Jajanan tradisional ini terbuat dari beras ketan dan gula kelapa yang sangat terkenal di kalangan masyarakat.

Anda bisa mendapatkan wajik kletik dengan dibungkus dengan kulit jagung dan sudah kering. Anda juga dapat melihat makanan ini di beberapa acara seperti hajatan. Cita rasa wajik kletik ini sangat manis dan teksturnya tampak kletik-kletik saat Anda memakannya.


2. Es Drop

Adapun rekomendasi kuliner Blitar berikutnya adalah es drop atau nama lainnya adalah es pleret yang rasanya sangat segar. Rasanya juga tidak jauh berbeda dengan es krim pada umumnya dan bahan pembuatannya adalah dari santan.

Es drop adalah minuman beku dengan bentuk lonjong memanjang dan ada stik pegangannya. Ada banyak variasi es drop yang bisa Anda nikmati yaitu stroberi, kacang hijau, coklat, dan masih banyak lagi.


3. Uceng Goreng

Uceng goreng adalah salah satu jenis ikan tawar yang hidup di sungai dengan bentuk memanjang dan bulat. Selain itu, panjang ikan tersebut hanya sebesar jari kelingking. Anda bisa menjumpai uceng goreng di sayur uceng dan bothok uceng.

Rasanya sangat gurih dan bisa Anda santap dengan tambahan nasi hangat yang bisa dijadikan sebagai teman makan. Uceng goreng sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan rempeyek.


4. Nasi Ampok

Nasi ampok adalah kuliner Blitar yang jarang Anda dapatkan di kota-kota lain, jadi kalau berkunjung ke Blitar, jangan lupa untuk mencicipi nasi ampok. Nasi ampok sama dengan nasi jagung yang bisa menjadi makanan pokok pengganti beras.

Anda bisa menemukan nasi ampok di alun-alun Kota Blitar dengan tambahan beberapa lauk seperti sayur rebus, sambal tomat, dan ikan asin. Anda bisa menjadikan nasi ampok sebagai salah satu wisata kuliner yang bisa Anda cicipi saat di Blitar.


5. Tahu Bumbu Lawu

Adapun rekomendasi makanan khas dari Blitar berikutnya adalah tahu bumbu Lawu yang memiliki rasa gurih dan disiram dengan saus kacang. Rasa tahu bumbu Lawu juga sangat menggoyang lidah.

Tahu bumbu Lawu adalah racikan dari berbagai bahan dasar berupa potongan lontong, tahu setengah matang, bawang goreng, sambal, kerupuk, dan tauge. Setelah itu, semua bahan disiram dengan bumbu kacang agar rasanya semakin nikmat. Rasa tahu bumbu Lawu juga sangat gurih dan bisa Anda temukan di banyak tempat di Kabupaten Blitar.


6. Es Pleret

Terakhir adalah es pleret yang terbuat dari tepung beras dan Anda bisa menikmatinya dalam kondisi dingin dengan tambahan es. Minuman es pleret terbuat dari bahan santan yang cocok untuk melepas rasa haus.


Semua kuliner Blitar di atas adalah makanan dan minuman yang selalu laris dan menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung.

 

Gita Welastiningtias

Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak