8 Rekomedasi Tips Agar Cepat Tidur yang Mudah Diterapkan

8 Rekomedasi Tips Agar Cepat Tidur yang Mudah Diterapkan

8 Tips Agar Cepat Tidur yang Mudah Diterapkan


Rekomendasi - Sulit tidur atau mudah terbangun adalah salah satu permasalahan yang sering dialami oleh manusia. Karena itu Anda membutuhkan beberapa tips agar cepat tidur di bawah ini yang dapat membantu Anda agar tidur nyenyak.

Dengan menerapkan tips-tips berikut ini akan membuat Anda kembali semangat menjalani hari sehingga tidak mengalami kesulitan tidur lagi. Tentu saja mendapatkan waktu tidur cukup akan membantu Anda untuk lebih mudah beraktivitas.


Tips Agar Cepat Tidur

8 Tips Agar Cepat Tidur yang Mudah Diterapkan


Bagi Anda yang masih kebingungan mengenai bagaimana cara membuat tidur bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini.


1.      Tidur di Jam yang Sama

Tips pertama adalah selalu tidur di jam yang sama setiap harinya agar tidak mengalami masalah tidur. Contohnya adalah jika Anda tidur di jam 10 malam, maka besok juga bisa tidur di jam yang sama dan bangun di jam yang sama pula.


2.      Tidak Mengonsumsi Makanan Berlemak

Selanjutnya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan berlemak sebelum tidur karena makanan tersebut bisa menyebabkan kesulitan tidur. Jadi, jika ingin makan berat Anda bisa melakukannya beberapa jam sebelumnya.

Jika mengonsumsi makanan berat tepat sebelum tidur, tubuh akan mengalami kesulitan untuk mencerna lemak tersebut sehingga Anda akan kesulitan tidur. Jadi, perhatikan makanan yang masuk ke tubuh ya!


3.      Menggantinya dengan Makanan Berkarbohidrat

Tips agar cepat tidur yang bisa Anda terapkan berikutnya adalah dengan mengganti makanan berlemak dengan yang mengandung karbohidrat tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi akan membantu Anda cepat tidur.

Hal ini karena kandungan karbohidrat akan meningkatkan kadar hormon tryptophan sehingga Anda akan lebih cepat mengantuk. Namun, cara ini sebaiknya perlu Anda pelajari lebih lanjut karena bisa bisa diterapkan ke orang yang mengalami obesitas dan diabetes.


4.      Mandi Air Hangat

Berikutnya adalah bisa dengan mandi air hangat sebelum tidur sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Manfaatnya adalah akan membuat tubuh Anda terasa lebih rileks sehingga tidur lebih nyenyak.


5.      Mematikan Lampu Saat Tidur

Sebenarnya tidak semua orang bisa menerapkan tips yang satu ini karena sebagian orang lebih nyaman apabila tidur dengan lampu hidup. Hanya saja Anda bisa mematikan lampu saat ingin tidur malam hari agar lebih nyenyak.

Cahaya memengaruhi ritme sirkadian tubuh, sirkadian adalah pilihan perilaku mental dan fisik yang mengikuti ritme 24 jam. Fungsinya adalah apakah tubuh bisa tidur nyenyak atau tidak sehingga sebaiknya Anda mematikan lampu saat tidur.


6.      Berolahraga

Tips agar cepat tidur yang berikutnya adalah dengan rajin berolahraga di pagi maupun sore hari. Anda bisa berolahraga yang ringan-ringan aja atau semampunya asal dilakukan secara rutin agar tubuh tetap fit.

Dengan rajin berolahraga maka Anda bisa meningkatkan kualitas tidur sehingga tidur bisa tetap nyenyak.


7.      Menghindari Konsumsi Kafein

Berikutnya adalah dengan menghindari konsumsi kafein karena kandungan dalam kafein bisa membuat tubuh Anda tetap terjaga. Hal ini dapat mengganggu pola tidur karena efek kafein akan hilang hanya dalam waktu 3 sampai 5 jam.

Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi kopi atau minuman mengandung kafein lainnya maka Anda bisa meminum kafein 4 jam sebelum tidur.


8.      Meditasi

Terakhir adalah dengan melakukan meditasi agar bisa fokus dengan apa yang terjadi saat ini sehingga bisa mengurangi terjadinya kecemasan.

Delapan tips agar cepat tidur di atas bisa Anda terapkan jika mengalami masalah tidur seperti insomnia atau sering terbangun. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar