9 Rekomendasi Kerajinan dari Barang Bekas yang Layak Jual

9 Rekomendasi Kerajinan dari Barang Bekas yang Layak Jual

 


Rekomendasi - Ada banyak sampah yang menumpuk setiap harinya dari sampah organik hingga non organik yang bisa dimanfaatkan. Anda bisa membuat kerajinan dari barang bekas agar bisa dimanfaatkan dan kemudian dijual.

Jadi, Anda bisa mengelola sampah tersebut menjadi bahan-bahan yang bermanfaat seperti tas rotan. Tas rotan tersebut bisa Anda pakai untuk jalan-jalan ke pantai atau ketika sedang berbelanja.


Kerajinan dari Barang Bekas



Barang-barang bekas dari sampah bisa berupa kertas biasa, botol plastik, kardus, kertas koran, dan masih banyak lagi. Di bawah ini ada beberapa kerajinan dari barang bekas yang bisa Anda manfaatkan.


1. Boneka Lucu dari Sarung Tangan

Apakah Anda memiliki sarung tangan rajut? Anda bisa menyulapnya menjadi sebuah boneka mini yang lucu. Caranya sangat mudah yaitu siapkan sarung tangan rajut dan bahan tambahan berupa kapuk untuk bagian dalam boneka dan bentuk boneka sesuai keinginan,

Anda bisa membuat boneka beruang atau Mr. Bean yang sangat lucu. Kalaupun tidak memiliki sarung tangan, Anda bisa memanfaatkan kaos kaki bekas dan layak pakai untuk membuat boneka.


2.Vas dari Bohlam Lampu

Rekomendasi kerajinan dari barang bekas berikutnya adalah dengan membuat vas dari bohlam lampu yang tidak terpakai lagi. Jadi, kalau Anda memiliki bohlam lampu, sebaiknya tidak langsung membuangnya karena bisa disulap menjadi vas cantik.

Anda bisa menggunakan bagian atas bohlam untuk tempat menampung air serta bagian bawahnya sebagai jalan masuk tanaman. Setelah itu, Anda bisa meletakkannya di tempat kaca sebagai penyangga.


3. Bunga Kertas dari Sedotan

Memiliki sedotan yang tidak terpakai lagi? Anda bisa menjadikannya sebagai bunga kertas yang sangat cantik dan bisa dijual. Proses pembuatannya sangat sederhana dan bahan yang digunakan juga tidak sulit dicari.

Cara membuatnya bisa dengan teknik paper quilling yaitu seni untuk menyusun potongan-potongan kertas kecil membentuk bunga kertas yang tampak detail. Setelah jadi, coba Anda pasarkan bunga tersebut barangkali ada yang membutuhkan.


4. Lampu Sendok

Tidak terbayang bukan bagaimana bisa membuat lampu menggunakan sendok plastik biasa? Anda bisa menyatukan semua sendok dalam kondisi terbalik untuk dijadikan sebagai lampu tidur yang cantik.


5. Kreasi dari Tisu Toilet

Adapun inspirasi kerajinan dari barang bekas berikutnya adalah dengan membuat kreasi atau benda unik dari roll tisu toilet. Roll tisu dapat diubah tampilannya menjadi wall art untuk mempercantik dinding.

Selain itu, bisa juga Anda buat untuk tempat pensil, tempat menyimpan gelang dan jam tangan, bungkus kado dengan ukuran mini, dan tempat ponsel.


6. Daur Ulang Botol Bekas

Selanjutnya adalah dengan mendaur ulang botol bekas atau botol kaca untuk menghasilkan kreasi yang unik. Misalnya menjadikan botol kaca sebagai vas bunga atau dijadikan tempat untuk menyimpan koin.


7. Kaleng jadi Tempat Sendok

Anda bisa memanfaatkan kaleng bekas untuk tempat pensil ataupun tempat sendok sederhana. Caranya adalah dengan menghias kaleng bekas agar tampilannya menjadi lebih menarik lalu letakkan pensil atau sendok di dalamnya.


8. Styrofoam untuk Papan Nemo

Membuat kerajinan dari barang bekas bisa juga dari styrofoam menjadi papan memo atau papan catatan di dinding rumah. Anda bisa membentuk styrofoam menjadi bentuk bulat dan letakkan foto kenangan di sana.


9.   Keset dari Kaos

Terakhir adalah dengan membuat keset dari kaos yang masih layak pakai. Caranya sangat mudah yaitu tinggal membersihkan kaos tersebut lalu jadikan sebagai keset untuk kamar mandi.


Semua kerajinan dari barang bekas di atas adalah cara untuk memanfaatkan sampah menjadi barang-barang bermanfaat.

Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar