Rekomendasi 4 Tempat Wisata Klaten di Jawa Tengah

 

Berlibur ke Tempat Wisata Klaten di Jawa Tengah


Rekomendasi - Klaten adalah kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang memiliki beragam tempat wisata Klaten dengan daya tariknya sendiri. Ada banyak wisata yang tersedia mulai dari wisata budaya, sejarah, alam, candi, taman bermain, kuliner, dan sebagainya. 

Daya tarik dari wisata di Klaten adalah keindahan alamnya tidak kalah cantik dari wisata di Bali atau daerah lainnya. Klaten adalah kota yang langsung berbatasan dengan Sleman dan Yogyakarta memiliki julukan Kota 1001 Umbul serta Kota Seribu Candi. 


Tempat Wisata Klaten 

Berlibur ke Tempat Wisata Klaten di Jawa Tengah


Masih banyak yang belum tahu bahwa Klaten menyimpan banyak destinasi wisata alam yang menarik perhatian wisatawan. Di bawah ini ada beberapa contoh tempat wisata Klaten yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. 


1. Umbul Manten 

Umbul Manten adalah wisata yang sangat menarik dan harus Anda kunjungi saat berkunjung ke Klaten. Wisata ini berupa kolam air alami yang terkenal dengan keasrian tempatnya dan suasananya juga sangat sejuk.

Terdapat banyak pohon rindang yang ada di sekelilingnya membuat suasananya sangat cocok untuk tempat bersantai. Tidak hanya itu, air di kolam ini juga sangat jernih dan cocok untuk berfoto langsung di bawah air. 

Umbul Manten adalah wisata yang selalu ramai saat acara-acara tertentu khususnya saat menjelang Bulan Puasa Ramadhan. Banyak wisatawan yang bersantai di sana sembari menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Lokasinya berada di Jalan Janti Boto Kota Klaten dan harga tiket masuknya adalah sebesar 10 ribu rupiah. Adapun jam operasional dari Umbul Manten adalah mulai dari pukul 6 pagi sampai 6 sore dan buka setiap hari.


2. Puncak Arjuna Sidowayah

Tempat wisata Klaten berikutnya adalah Puncak Arjuna Sidowayah yang cocok untuk berkemah sekaligus menikmati pemandangan asri Kabupaten Klaten. Wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam dari puncak bukit. 

Pihak pengelola juga menyediakan spot foto menarik bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga di sana. Harga tiket masuknya adalah 2 ribu per orang, harga yang sangat terjangkau bukan? 

Lokasinya berada di Kecamatan Bayat yang mulai buka pukul 7 pagi sampai setengah enam sore WIB yang bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. 


3. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di dunia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia sehingga terkenal satu dunia. Kawasan Candi Prambanan berada di Klaten sedangkan wilayah lainnya ada di Sleman dan Yogyakarta.

Lokasi candi juga sangat stratetgis dan jalan utama langsung menghubungkan dua kota yaitu Solo dan Yogyakarta. Ada tiga kawasan dengan halaman yang dibatasi oleh pagar keliling dan di dalamnya terdapat arca Siwa Mahadewa dengan tingga 3 meter. 

Adapun waktu dibangunnya Candi Prambanan adalah saat masa Raja Pakai Pikatan yang dulunya memerintah di masa Mataram Kuno pada tahun 840 sampai 856 Masehi.


4. Mata Air Cokro

Tempat wisata Klaten berikutnya adalah Mata Air Cokro yang dikenal dengan nama lain Umbul Ingas karena di sekitarnya terdapat pohon ingas dengan ukuran raksasa. Mata air ini juga terbilang cukup luas yaitu 15 ribu meter persegi.

Ada pepohonan lain yang tersebar di sekitarnya sehingga membawa suasana sejuk dan menyegarkan. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan bermain banyak wahana seperti rafting, ATV, river tubing, snorkeling, water slide, dan masih banyak lagi. 


Anda bisa mengunjungi salah satu dari tempat wisata Klaten di atas kalau merasa penasaran dengan semua tempat tersebut. 



Gita Welastiningtias

Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak