Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Nagih

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Nagih

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Nagih


Rekomendasi - Setelah seharian berkeliling Jawa Tengah mengunjungi banyak tempat wisata, biasanya Anda akan merasa lapar. Inilah waktu yang tepat untuk berkeliling mencari rekomendasi makanan khas Jawa Tengah yang sering menjadi incaran wisatawan. 

Ciri khas makanan dari Jawa Tengah adalah terbuat dari bumbu-bumbu tradisional serta rasanya juga manis. Anda bisa menyantapnya untuk sarapan, makan siang, atau makan malam bersama keluarga. 


Makanan Khas Jawa Tengah

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Nagih


Mencicipi makanan dari Jawa Tengah adalah ide bagus saat pergi berwisata, hitung-hitung untuk melepaskan rasa lelah. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi makanan dari Jawa Tengah yang bsia Anda santap.


1. Nasi Grombyang 

Namanya memang tampak kurang terkenal namun rasanya patut Anda perhitungkan. Asal nasi grombyang adalah di daerah Pemalang dan dinamakan nasi grombyang adalah karena nasi yang tersaji lebih banyak daripada isinya. 

Dengan begitu, masyarakat menyebutnya sebagai nasi “grombyang-grombyang” karena tampak penuh dengan nasi. Di dalamnya terdapat berbagai macam lauk pauk mulai dari kuah gurih dan daging kerbau yang tersaji dengan mangkuk kecil. 


2. Tahu Petis

Rekomendasi makanan khas Jawa Tengah berikutnya adalah tahu petis yang termasuk golongan makanan ringan. Asal tahu petis adalah dari Semarang dan terbuat dari tahu goreng yang disiram dengan menggunakan saus hitam bernama petis. 

Cara membuatnya adalah dengan menggoreng tahu petis dan dicampurkan dengan kuah rebusan udang atau ikan yang dimasak hingga kental.


3. Gethuk 

Gethuk adalah makanan ringan yang rasanya manis dan bahan pembuatannya adalah dari singkong dengan parutan kelapa. Gethuk adalah makanan yang berasal dari Jawa Tengah, namun ada juga yang berasal dari Yogyakarta. 

Anda bisa mencoba variasi lain dengan mencicipi gethuk goreng yang rasanya tidak kalah lezat dari gethuk pada umumnya. Gethuk adalah makanan yang dibuat dengan bahan singkong dan ditaburi dengan parutan kelapa. 

Tidak hanya terdapat di Jawa Tengah saja, melainkan juga di Yogyakarta dan Anda bisa mencicipi gethuk goreng dengan rasa yang tidak kalah lezat dari gethuk pada umumnya. 


4. Tempe Mendoan

Makanan khas Jawa Tengah berikutnya adalah tempe mendoan yang bahkan bisa terkenal sampai keluar Jawa Tengah. Ini adalah jenis gorengan yang berbahan dasar tempe dan digoreng dengan adonan tepung sehingga ada unsur krispi. 

Hanya saja terdapat perbedaan dari tempe mendoan dengan tempe goreng biasa. Perbedaannya terdapat dari cara menggoreng kedua jenis tempe tersebut. Kalau tempe mendoan digoreng dengan api besar dan banyak minyak sehingga tampak tekstur lembut di bagian dalam.

Sedangkan tempe biasa digoreng dengan sedikit api dan minyak sehingga bisa kering dan rasanya renyah. Tempe mendoan biasanya disajikan dalam irisa tipis dan lebar. Anda bisa menikmati hidangan tempe mendoan dengan potongan timun dan sambal terasi agar lebih nikmat.


5. Wajik

Berikutnya adalah wajik yang sayang kalau Anda lewatkan karena makanan ini juga tidak kalah terkenal daripada tempe mendoan. Wajik terdapat di daerah Magelang dan rasa makanan ini sangat manis. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wajik adalah kelapa, gula, dan ketan yang tercampur menjadi satu. Selain manis, cita rasa wajik adalah gurih sehingga banyak yang menyukai makanan satu ini. 

Teksturnya juga lembut dan sering disajikan untuk takjil saat Bulan Ramadhan. Jadi, kalau Anda pergi ke Jawa Tengah saat puasa, akan menemukan banyak orang yang menjual wajik. 


Sekarang Anda sudah tahu apa saja makanan khas Jawa Tengah yang bisa Anda cicipi kelezatannya. Jangan sampai ketinggalan satu makanan pun, bahkan Anda bisa membeli untuk oleh-oleh keluarga di rumah.


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar