7 Rekomendasi Kuliner Yogyakarta yang Banyak Dicari

7 Rekomendasi Kuliner Yogyakarta yang Banyak Dicari

7 Rekomendasi Kuliner Yogyakarta yang Banyak Dicari


Rekomendasi - Yogyakarta adalah kota yang tidak hanya terkenal dengan sejarah dan budaya melainkan juga wisata kuliner. Ada banyak kuliner Yogyakarta yang bisa Anda coba yang menyediakan banyak makanan khas Nusantara. 

Di kota ini, Anda akan menemukan berbagai hidangan lezat yang rasanya sangat menggoyang  lidah. Anda bisa menemukan makanan pedas, manis, gurih, dan berbagai rasa lainnya karena yang dijual sangat beragam. 


Kuliner Yogyakarta 

7 Rekomendasi Kuliner Yogyakarta yang Banyak Dicari


Bagi Anda yang masih bingung akan membeli makanan apa sesampainya di Yogyakarta bisa simak beberapa rekomendasi makanan di bawah ini.


1. Bakmi Jawa Mbah Mo

Warung Bakmi Jawa Mbah Mo adalah warung bakmi yang terkenal di Yogyakarta sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Bakmi yang tersedia berupa hidangan mie dengan kuah kental, irisan ayam, sambal, sayuran, dan kaya akan rasa. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyesuaikan tingkat kepedesan tertentu. Bakmi Jawa Mbah Mo adalah warung makan yang berada di Jalan Adi Sucipto Nomor 47 Yogyakarta dan buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam.


2. Gudeg Yu Djum 

Rekomendasi kuliner Yogyakarta berikutnya adalah Gudeg Yu Djum yang menghidangkan makanan tradisional khas Yogyakarta. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan menggunakan santan. 

Setelah itu makanan ini ditambah dengan bumbu rempah yang bisa Anda nikmati dengan lauk pauk seperti telur, sambal krecek, nasi, dan ayam kampung. Lokasi Gudeg Yu Djum ada di Jalan Wijilan Nomor 167 Panembahan yang buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 9 malam.


3. Mie Ayam Tumini

Bagi Anda yang ingin mencicipi mie ayam khas Yogyakarta bisa mampir ke Mie Ayam Tumini yang berada di Jalan AM Sangaji Nomor 2 Gedongtengen. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 9 malam, jadi Anda bisa mampi untuk sarapan.

Mie Ayam Tumini adalah mie ayam dengan kuah kental gurih, pangsit, dan tambahan ayam goreng yang sangat nikmat. Pedagang biasanya menambahkan jeruk nipis untuk memperkaya cita rasa. 


4. Sate Klatak Pak Pong 

Anda juga bisa mampir ke warung Sate Klatak Pak Pong yang termasuk warung makan legendaris. Sate klatak yang dihidangkan tidak jauh berbeda seperti sate kambing lainnya namun memiliki cita rasa yang lebih unik. 

Lokasi Sate Klatak Pang Pong ada di Jalan Imogiri Timur Nomor 7 Wonokromo dan menjual sate dengan harga murah yaitu 12 ribu rupiah untuk satu porsi. Anda bisa berkunjung ke warung Pak Pong pada pukul 9 pagi hingga 11.30 malam. 


5. Angkringan Lik Man 

Mencari kuliner Yogyakarta lainnya? Anda bisa berkunjung ke Angkringan Lik Man yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Menu yang paling terkenal dari Angkringan Lik Man adalah menu kopi dengan rasa mantap. 

Lokasinya berada di Jalan Wongsodirjan di bagian utara Stasiun Tugu Yogyakarta yang buka mulai pukul 2 siang hingga pukul 3 dini hari. 


6. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe 

Berikutnya ada Soto Ayam Kampung Pak Dalbe yang menyediakan soto dengan kuah gurih manis. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe adalah warung yang banyak dicari saat pagi hari karena harga makanannya sangat murah yaitu 10 ribu saja. 

Lokasi Soto Ayam Kampung Pak Dalbe adalah di Jalan Sudirman dan Jalan Affandi, jadi Anda bisa berkunjung ke salah satu warung soto yang terdekat dengan penginapan. 


7. Soto Bathok

Terakhir adalah Soto Bathok yaitu soto yang tersaji dengan tempurung kelapa sehingga disebut dengan soto bathok. Harga yang ditawarkan juga sangat murah yaitu 5 ribu saja untuk satu porsi. 

Warung Soto Bathok terletak di Jalan Candi Sambisari, Klaten, Sleman yang dekat dengan pemandangan sawah dan candi. 


Ada banyak kuliner Yogyakarta yang bisa Anda cicipi kelezatannya dan jarang ditemukan di daerah lain. Anda akan rugi kalau tidak melakukan wisata kuliner padahal sedang berada di Yogyakarta. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar