7 Rekomendasi Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung

7 Rekomendasi Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung

7 Rekomendasi Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung


Rekomendasi - Memilih menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung memang susah-susah gampang karena Anda tidak boleh membiarkan perut dalam kondisi kosong. Selain itu, tidak setiap saat Anda bisa makan karena jika ada kesibukan, biasanya akan telat makan. 

Tapi jangan khawatir karena Anda tetap bisa menyiapkan makanan yang sekiranya aman bagi penderita asam lambung. Anda bisa mencicipi rekomendasi makanan di bawah ini sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. 


Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung 

7 Rekomendasi Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung


Penderita asam lambung tidak boleh telat makan sehingga perlu menyediakan makanan pendamping yang bisa dikonsumsi saat sedang sibuk. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda coba. 


1. Putih Telur 

Putih telur adalah rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Di dalamnya memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, Anda hanya perlu mengonsumsi putih telur tanpa kuning telur karena kandungan lemaknya terbilang tinggi. 

Apabila Anda mengonsumi makanan yang mengandung lemak tinggi, maka bisa memicu peningkatan asam lambung. 


2. Tempe

Tempe adalah makanan yang memiliki kandungan senyawa antiinflamasi serta protein yang baik bagi tubuh. Makanan ini juga baik bagi tubuh karena kandungan proteinnya mudah diserap oleh tubuh.


3. Seafood yang Rendah Lemak

Menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung adalah seafood yang rendah lemak. Apalagi jika makanan laut tersebut diproses dengan cara direbus atau dipanggang.

Tujuannya adalah untuk mengurangi kandungan minyak tidak sehat dalam makanan tersebut sehingga tidak masuk ke tubuh.


4. Oatmeal

Camilan yang aman untuk penderita asam lambung yang aman adalah oatmeal yang kaya akan serat. Oatmeal sering dijadikan sebagai pertolongan pertama bagi orang yang memiliki asam lambung dan belum memiliki waktu untuk mengonsumsi makanan berat. 

Oatmeal sama dengan beras merah yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga bisa mengurangi gejala dari asam lambung. 


5. Buah Non Citrus

Menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung berikutnya adalah buah non citrus yang memiliki kandungan asam yang rendah bahkan tanpa asam. Hal ini karena buah yang memiiki kandungan asam tinggi juga tidak baik bagi penderita asam lambung. 

Contoh buah yang termasuk jenis non citrus adalah semangka, pisang, melon, pir, kelapa, dan apel. Buah-buahan tersebut juga memiliki kandungan alkaline yang sangat bagus untuk menstabilkan kondisi asam lambung sehingga mencegah gejalanya. 

Anda perlu menghindari buah yang mengandung asam tinggi seperti tomat, nanas, anggur, lemon, jeruk nipis, dan jeruk. 


6. Jahe

Jahe adalah bahan makanan yang memiliki sifat anti peradangan sehingga bagus untuk mengobati penyakit asam lambung, maag, dan gangguan pencernaan lainnya. 


7. Pisang 

Pisang adalah menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang bisa Anda coba sebagai camilan. Pisang adalah buah yang kaya akan serat dan bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. 


8. Yoghurt

Yoghurt adalah menu camilan yang juga bisa Anda konsumsi jika memiliki gangguan asam lambung. Walaupun yoghurt terbuat dari susu, namun tetap baik untuk lambung karena makanan ini sudah mengalami proses fermentasi. 


9. Sayuran Hijau 

Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau yang baik untuk asam lambung seperti brokoli, kentang, timun, buncis, asparagus, kol, dan selada. Menu makanan sayuran hijau memiliki kandungan serat tinggi yang bisa menurunkan kadar asam lambung. 


Anda tinggal memilih salah satu dari menu makanan sehari-hari untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi agar gejala asam lambung bisa berkurang. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar