7 Rekomendasi Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes

7 Rekomendasi Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes

7 Rekomendasi Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes


Rekomendasi - Walaupun Anda memiliki diabetes, bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi makanan yang diinginkan. Terdapat beberapa menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes yang bisa Anda coba sebagai menu harian.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang sembarangan dapat berdampak buruk bagi kondisi kesehatan. Karena itu, Anda bisa mengganti menu harian dengan makanan yang Anda inginkan namun tetap sehat.


Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes

7 Rekomendasi Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes


Menu di bawah ini adalah makanan yang baik agar bisa tetap menjaga kestabilan kandungan gula dalam tubuh. Karena kestabilan gula darah adalah kunci agar penderita diabetes tetap bisa hidup sehat.


1.  Jagung

Makanan pertama adalah jagung yang bisa Anda jadikan sebagai makanan pokok bagi penderita diabetes. Jagung adalah makanan pengganti nasi yang juga sangat menyehatkan bagi penderita diabetes.

Beban glikemik jagung lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih. Dalam 150 gram nasi putih terdapat beban glikemik 29, sedangkan pada 100 gram jagung terdapat beban glikemiknya 14.

Apabila makanan tersebut memiliki beban glikemik yang rendah maka baik untuk penderita kencing manis. Tidak hanya itu, jagung adalah makanan yang di dalamnya mengandung pati dan serat yaitu jenis karbohidrat kompleks yang lama dicerna oleh tubuh.

Hal ini tentu sangat baik karena tidak akan membuat kadar gula darah naik dengan cepat setelah makan. Selain itu, proses pencernaan jagung yang lebih lama juga membuat perut Anda terasa lebih kenyang dan Anda bisa mencegah keinginan untuk ngemil makanan sembarangan.


2.  Gandum Utuh

Gandum utuh adalah salah satu menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes yang juga disebut dengan biji-bijian utuh. Gandum utuh adalah makanan yang memiliki kandungan glikemik rendah namun kaya akan serat.

Kandungan tersebut sangat aman untuk tubuh karena bisa memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Gandum utuh adalah makanan yang mengandung mineral dan vitamin sehingga bisa menjadi pelengkap kebutuhan nutrisi penderita kencing manis.

Biji-bijian utuh lain yang juga memiliki kandungan seperti gandum utuh adalah gandum kuda, beras hitam, barley, quinoa, dan beras merah.


3.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah jenis makanan yang bisa Anda jadikan sebagai camilan sehari-hari karena aman bagi penderita kencing manis. Makanan ini memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi.

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat karbohidrat kompleks dan makanan yang mengandung glikemik rendah. Kacang-kacangan adalah makanan yang prosesnya lama ketika diubah menjadi glukosa sehingga kadar gula tidak akan naik.


4.  Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes yang dapat membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Sayuran hijau memiliki kandungan glikemik rendah serta kaya akan fitokimia.

Fitokimia bisa berperan sebagai antioksidan dan anti peradangan sehingga baik bagi penderita diabetes. Beberapa contoh sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi adalah brokoli, kol, bayam, ketimun, dan sebagainya.


5.  Buah-buahan

Selain sayuran hijau, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan vitamin dan serat. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan juga memiliki kandungan mineral yang tinggi. Namun, pastikan Anda mengonsumsi buah-buahan yang segar bukan kalengan.

Contoh buah-buahan yang bisa Anda konsumsi sehari-hari adalah kiwi, pir, jeruk, apel, aprikot, persik, blueberry, strawberry, dan sebagainya.


6.  Oat

Berikutnya adalah oat yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh sehingga bisa mengontrol kondisi gula darah.


7.  Ikan yang Kaya Lemak

Terakhir adalah mengonsumsi ikan yang kaya lemak sehat seperti omega 3 dan contoh ikan tersebut adalah ikan kembung, ikan teri, ikan cod, ikan tuna, sardine, dan salmon.


Menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes di atas bisa Anda coba sebagai pengganti makanan harian agar kadar gula darah tetap terkontrol dengan baik. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar