7 Rekomendasi Tips Mengatasi Badan Lemas yang Mudah Dilakukan

7 Rekomendasi Tips Mengatasi Badan Lemas yang Mudah Dilakukan

7 Rekomendasi Tips Mengatasi Badan Lemas yang Mudah Dilakukan


Rekomendasi - Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan biasanya akan merasa lelah. Karena itu terkadang tubuh menjadi cepat lemas. Jika begitu, Anda perlu tahu apa saja tips mengatasi badan lemas yang bisa dilakukan di rumah.

Mengetahui apa yang menyebabkan badan terasa lemas itu bukanlah hal yang mudah karena ada banyak penyebabnya. Jadi, jika badan Anda terasa lemas maka bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengembalikan kesegaran tubuh.


Tips Mengatasi Badan Lemas

7 Rekomendasi Tips Mengatasi Badan Lemas yang Mudah Dilakukan


Mengantuk atau badan lemas bisa jadi tanda penyakit medis tertentu apalagi jika dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, bisa saja kelelahan atau mengantuk bukan pertanda suatu penyakit yang serius dan Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.


1.  Tidak Duduk Terlalu Lama

Tips pertama adalah dengan tidak duduk terlalu lama agar bisa meningkatkan energi. Hal ini karena dengan memperbanyak gerak bisa memengaruhi energi dalam tubuh. Anda bisa berolahraga secara teratur untuk mengatasi rasa kelelahan.

Contohnya adalah Anda bisa memarkirkan mobil sedikit lebih jauh dari lokasi agar bisa berjalan lebih lama. Anda juga bisa menaiki tangga daripada lift sehingga tubuh akan sering bergerak. Cara ini bisa mengurangi rasa mengantuk dan kelelahan yang sering Anda rasakan.


2.  Tidur Cukup

Tidur cukup adalah salah satu tips mengatasi badan lemas yang bisa Anda lakukan selain rajin bergerak. Memiliki tidur cukup dan berkualitas akan membantu Anda untuk mempertahankan energi sepanjang hari.

Sebelum tidur, Anda bisa melakukan peregangan lebih dulu dan menjaga kebersihan kamar agar tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, Anda bisa mengenakan pakaian yang longgar dan menulis jurnal agar pikiran menjadi lebih jernih.


3.  Mengurangi Gula Berlebihan dan Kafein

Berikutnya adalah dengan mengurangi mengonsumsi kafein dan produk yang mengandung gula berlebih. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dan gula berlebih maka akan menyebabkan Anda mudah mengalami kelelahan.

Karena itu, Anda bisa mulai membatasi diri agar tidak terus mengonsumsi makanan yang manis, minuman berenergi, dan mengonsumsi kopi terlalu sering.


4.  Menyesuaikan Waktu dengan Jam Tubuh

Tips mengatasi badan lemas berikutnya adalah dengan menyesuaikan waktu dengan jam tubuh. Biasanya seseorang mendapatkan banyak energi di pagi hari sehingga disebut dengan burung pagi. Namun, beberapa orang lainnya disebut dengan burung hantu.

Burung hantu adalah istilah orang yang berada di kondisi terbaiknya saat malam hari. Perbedaan setiap individu dalam kondisi terbaiknya ini biasanya karena faktor genetika dan struktur otak sehingga sulit diubah.


5.  Mengonsumsi Air Lebih Banyak

Anda juga bisa mengonsumsi air lebih banyak agar tubuh tetap terjaga dan terhidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan tubuh Anda mengalami kekurangan energi sehingga berdampak negatif pada kebiasaan tidur.


6.  Mengelola Stres dengan Baik

Tidak hanya itu, Anda yang mudah stres juga bisa mengelola kondisi seperti itu dengan baik. Stres adalah kondisi yang menyebabkan seseorang merasa kehilangan energi sehingga mengganggu fisik dan mental.

Apabila Anda tidak mengelola stres dengan baik maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Hormon stres dapat memberikan efek negatif terhadap pola tidur. Selain itu, kesehatan tubuh secara menyeluruh juga dapat terganggu.


7.  Mengonsumsi Makanan Sehat

Terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti yang mengandung zat besi, vitamin, protein, dan nutrisi lainnya. Apabila tidak menjaga kesehatan maka bisa menyebabkan penyakit seperti anemia yang dapat mengganggu pola tidur.


Ketujuh tips mengatasi badan lemas di atas bisa Anda terapkan satu persatu dari yang paling mudah agar mendapatkan kualitas tidur yang bagus. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar