8 Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol untuk Kesehatan

8 Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol untuk Kesehatan

8 Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol untuk Kesehatan


Rekomendasi - Kadar kolesterol tinggi tentu saja tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyumbat aliran darah dan pembentukan plak di organ tubuh. Plak ini biasanya muncul di dinding arteri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda bisa rutin mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Apabila plak tersebut dibiarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan penyumbatan pada arteri yang bisa mengganggu sistem kardiovaskular. Karena itu Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini yang menyehatkan.


Makanan Penurun Kolesterol

8 Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol untuk Kesehatan


Ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda konsumsi secara rutin baik untuk sarapan atau makan malam. Di bawah ini ada beberapa makanan yang baik karena bisa mengurangi kadar kolesterol.


1.      Gandum

Gandum adalah jenis sereal yang memiliki kandungan gizi tinggi sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol. Di dalamnya terdapat kandungan serat yang akan mengubah kolesterol menjadi asam empedu yang akan dilepaskan ke usus halus sehingga bisa mencerna lemak.


2.  Kedelai

Kedelai adalah salah satu makanan penurun kolesterol yang bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan seperti tepung kedelai, tempe, tahu, susu, nugget, dan nutrela. Semua makanan tersebut adalah makanan yang baik untuk mengatasi kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan tersebut mengandung isoflavon yang memiliki fungsi untuk menekan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh.


3.  Sayuran dengan Warna Gelap

Ada lagi makanan yang bisa digunakan untuk menurun kadar kolesterol salah satunya adalah sayuran dengan warna gelap. Contoh sayuran dengan warna gelap adalah kubis, paprika hijau, brokoli, sawi, dan kangkung.

Semua contoh sayuran tersebut berfungsi dengan cara mengikat asam empedu sehingga membuat tubuh dapat mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Anda bisa mengganti menu sayuran setiap harinya agar tidak bosan.


4.  Pisang

Pisang adalah jenis buah untuk menurunkan kolesterol yang rasanya sangat lezat dan mudah dipadatkan. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengidap kolesterol karena di dalamnya mengandung zat inulin sehingga kadar kolesterol tetap stabil.


5.  Beras Merah

Beras merah adalah salah satu makanan penurun kolesterol yang memiliki kandungan vitamin B, fitonutrien, selenium, dan magnesium. Makanan sehat ini juga cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat karena bisa menurunkan berat badan.


6.  Kacang-kacangan

Ada lagi makanan yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yaitu kacang-kacangan seperti kacang kenari, kacang tanah, dan kacang almond. Makanan tersebut adalah contoh makanan yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Hal ini karena di dalam kacang-kacangan tersebut memiliki kandungan berupa asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang bagus untuk tubuh. Makanan tersebut juga mengandung antioksidan, serat, asam lemak omega 3, dan vitamin.


7.  Alpukat

Alpukat bisa menjadi pilihan makanan lain yang bisa Anda pilih untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Alpukat adalah jenis buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, polifenol, serat, dan nutrisi filosterol.

Semua kandungan tersebut mampu mempertahankan kadar kolesterol agar tetap stabil sehingga kadarnya menjadi lebih rendah jika Anda mengkonsumsi secara rutin.


8.  Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan penurun kolesterol yang bisa menjadi pilihan bagi Anda jika membutuhkan menu untuk sarapan. Ikan salmon adalah ikan dengan daging bertekstur lembut yang rasanya sangat lezat.

Makanan ini juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hanya jika Anda tidak memasaknya dengan minyak agar manfaat yang didapatkan bisa optimal.


Semua makanan penurun kolesterol di atas adalah pilihan makanan yang menyehatkan bagi tubuh karena bisa mengurangi kadar kolesterol sehingga menjadi stabil.


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar