9 Wisata Banda Neira Terbaik di 2024

9 Wisata Banda Neira Terbaik di 2024

9 Wisata Banda Neira Terbaik di 2024


Rekomendasi - Ada sejumlah tempat di Banda Neira yang bisa Anda kunjungi jika sedang berkeliling ke Maluku Tengah, Provinsi Maluku yang sedang diusahakan untuk menjadi prioritas di sektor wisata. Wilayah ini dianggap memiliki potensi wisata yang unggul.

Banda Naira adalah salah satu pulau vulkanik di Kepulauan Banda yang dijuluki sebagai Surga dari Timur. Ada banyak keindahan alam dan kekayaan yang sangat luar biasa indah jika Anda berkunjung di sini.


Wisata Banda Neira

9 Wisata Banda Neira Terbaik di 2024


Keindahannya dimulai dari lautnya yang penuh dngan karang menawan dan kehidupa lautnya juga sangat melimpah. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi wisata di Banda Naira yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.


1. Istana Mini Neira 

Istana Mini Neira adalah kawasan wisata yang didirikan di zaman VOC Belanda yang berfungsi sebagai tempat untuk tinggal Gubernur VOC. Saat itu, Istana Mini Neira menjadi satu-satunya bangunan yang sangat indah.


2. Gunung Api Banda 

Wisata di Banda Neira berikutnya adalah Gunung Api Banda yang berada di Kepulauan Banda dan masih aktif sampai saat ini. Gunung ini memiliki ketinggian 1.955 kaki atau sekitar 656 meter dari permukaan laut. Jika mendaki ke puncak, Anda perlu membutuhkan waktu 2 jam.


3. Lava Flow

Lava Flow memiliki banyak spot untuk melakukan olahraga air seperti diving dan snorkeling. Kecantikan dunia bawah laut yang disajikan oleh Lava Flow sangat memanjakan mata dan mengundang decak kagum.


4. Pulau Syahrir

Nama lainnya adalah Pulau Pisang yang juga memiliki keindahan bawah laut tidak kalah cantik dari Lava Flow. Masyarakat sekitar selalu menjaga kebersihan dari wisata ini sehingga menjadi pulau surga bagi para pencinta olahraga menyelam.


5. Pulau Nailaka

Wisata di Banda Neira berikutnya adalah Pulau Nailaka yang sangat terkenal dan sempat mencuri perhatian wisatawan. Walaupun begitu, Pulau Nailaka adalah pulau yang tidak memiliki penduduk sehingga alamnya masih asri dan perawan. 

Pulau Nailaka memiliki keindahan bawah laut yang sangat cantik dan bisa membuat Anda betah berlama-lama di sana.


6. Pulau Hatta

Nama lain dari Pulau Hatta adalah Pulau Rozengain yaitu pulau yang memiliki keindahan bawah laut sangat cantik. Sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang menyukai aktivitas di perairan sehingga Anda bisa datang ke sana.

Lantas mengapa disebut dengan Pulau Hatta? Hal ini tidak terlepas dari sejarahnya yang menjadikan Pulau Hatta tempat pengasingan untuk Moh. Hatta.


7. Benteng Belgica

Berikutnya adalah Benteng Belgica yang berada di Bukit Tabaleku Naira Tenggara, Pulau Neira, yang dibuat di zaman penjajahan Portugis di abad ke-16 silam. Setelah itu, pada tanggal 4 September 1611, Belanda kembali membangun benteng ini.

Pada zaman Belanda, nama benteng ini menjadi Fort Belgica atau Benteng Belgica yang memiliki banyak anak tangga. Keistimewaan dari Benteng Belgica adalah terdapat uang pecahan seribu rupiah dengan gambar tokoh Cut Meutia. 


8. Pulau Rhun

Ada lagi pulau yang tidak kalah cantik yaitu Pulau Rhun yang memiliki keindahan alam bawah laut sangat cantik. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling dan dikenal sebagai pulau penghasil cengkih dan pala terbaik.


9. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Terakhir adalah Rumah Pengasingan Bung Hatta yang dulu diasingkan pada awal kemerdekaan selama 6 tahun. Anda bisa mempelajari sejarah di tempat ini sambil menikmati suasana di sekitar rumah.


Semua wisata di Banda Neira di atas adalah wisata alam dan sejarah yang harus Anda kunjungi selama musim liburan. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar