Rekomendasi Kuliner di Situbondo yang Wajib Dicoba saat Libur Lebaran

Rekomendasi Kuliner di Situbondo yang Wajib Dicoba saat Libur Lebaran

Kuliner di Situbondo
Kuliner di Situbondo 


Rekomendasi - Lebaran menjadi momen kemenangan bagi umat muslim, setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Bagi Kamu yang ingin mengisi libur lebaran, bisa mencoba kuliner di Situbondo. Sebab kuliner di kota ini cukup bervariasi.

Mencoba kuliner legendaris di Situbondo memang cukup menyenangkan. Terlebih saat ini sudah banyak rumah makan di Situbondo. Tidak hanya itu saja, tersedia berbagai macam oleh-oleh khas Situbondo yang dapat dibawa pulang ke rumah.

5 Kuliner di Situbondo yang Terkenal Lezat

Kuliner di Situbondo
Kuliner di Situbondo


Wisata kuliner seringkali menjadi pilihan banyak orang. Sebab dengan wisata kuliner, Kamu dapat mencoba kelezatan makanan dan minuman dari tempat yang dituju. Berikut beberapa kuliner khas Situbondo yang wajib dicoba, yakni:

1. Nasi Sodu

Bagi Kamu yang suka wisata kuliner, maka nasi Sodu khas Bojonegoro wajib untuk dicoba. Nasi Sodu merupakan nasi yang dipadukan dengan beberapa lauk dan disiram dengan kuah ikan tongkol. Selain itu, kuah tongkol dimasak dengan sambal terasi tauge.

Tidak hanya itu saja, nasi Sodu juga disajikan dengan daun pisang sehingga rasanya cukup lezat. Bahkan terdapat kerupuk yang akan menambah kelezatan nasi Sodu. Jika Kamu ingin mencobanya bisa datang langsung ke Awar-awar, Kec. Asembagus.

2. Sate Olean

Termasuk kedalam kuliner legendaris di Situbondo, membuat sate Olean disukai oleh banyak orang. Warung ini merupakan milik Hj. Ilmi Mufidah yang sudah berdiri sejak tahun 1981. Tekstur sate Olean cukup empuk, sehingga cocok dinikmati semua orang.

Tidak hanya sate Olean saja, tersedia menu kikil dan gulai kambing yang tak kalah lezat. Ketika Kamu ingin mencoba sate Olean bisa datang langsung ke jalan Basuki Rahmat Mimbaan, Panji, Kabupaten Ponorogo. Warung makan ini buka mulai pukul 07:00 WIB.

3. Manisan Kelapa

Bagi Kamu yang ingin mencari oleh-oleh khas Situbondo, maka manisan Kelapa dapat dijadikan sebagai pilihan. Pada dasarnya makanan ini terbuat dari bahan yang cukup sederhana seperti air, kelapa, gula dan juga pewarna makanan.

Meskipun bahannya cukup sederhana, namun manisan Kelapa cukup manis dan gurih. Hal inilah yang membuat manisan kelapa sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Situbondo. Terlebih manisan kelapa tidak mengandung pengawet yang membahayakan.

4. Tajin Palappa

Rekomendasi kuliner legendaris di Situbondo yang wajib dicoba yaitu tajin Palappa. Dalam bahasa Madura, tajin berarti bubur. Sementara Palappa merupakan bumbu. Oleh karena itu, tajin palappa merupakan bubur yang dicampur dengan beberapa bumbu.

Adapun bumbu yang dimaksud meliputi kacang, sayuran dan lainnya. Kuliner di Situbondo yang satu ini wajib dicoba, sebab rasanya gurih dan lezat. Apabila Kamu ingin mencobanya, bisa datang langsung ke jalan Pemuda, No. 125, Capore Mimbaan.

5. Bakso Tekwoleh

Kuliner yang satu ini sering populer di kalangan masyarakat. Terlebih rumah makan di Situbondo yang satu ini terkenal ramah pembeli. Ukuran bakso Terlebih cukup beragam mulai dari diameter 7, 10 dan 13. Bakso berdiameter 13 cm cukup populer.

Bakso dengan ukuran paling besar sering disebut dengan bakso kepala bayi. Rumah makan di Situbondo ini terletak di Krajan, Jatibanteng, Kec. Jatibanteng, Kabupaten Situbondo. Selain itu, rumah makan ini buka setiap hari mulai jam 09:00 WIB.

Aneka kuliner di Situbondo tersebut memiliki rasa yang khas. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang tertarik mencobanya. Selain itu, harga setiap menu yang tersedia tergolong cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar