Rekomendasi Kuliner Khas Kediri dengan Cita Rasa Lezat, Dijamin Bikin Ngiler!

Rekomendasi Kuliner Khas Kediri dengan Cita Rasa Lezat, Dijamin Bikin Ngiler!

Kuliner khas Kediri
Kuliner khas Kediri


Rekomendasi - Saat memiliki rencana liburan ke Kediri, sebaiknya Kamu meluangkan waktu untuk mencoba makanan khasnya. Sebab ada banyak kuliner khas Kediri yang memiliki cita rasa lezat. Selain itu, makanan dari daerah ini memiliki beberapa variasi.

Kuliner legendaris Kediri sering menjadi incaran para wisatawan dari luar kota. Sebab kuliner legendaris memiliki rasa unik dan otentik. Terlebih kuliner legendaris Kediri masih bisa Kamu temukan di beberapa penjual, sehingga Kamu bisa mencobanya.

5 Kuliner Khas Kediri yang Wajib Dicoba

Kuliner khas Kediri
Kuliner khas Kediri


Kurang afdol rasanya jika berkunjung ke Kediri, namun tidak mencoba kuliner khasnya. Dengan perpaduan beberapa bumbu, membuat makanan kota ini cukup unik. Berikut beberapa makanan khas Kediri yang menarik untuk dicoba, yakni:

1. Sego Tumpang

Kuliner legendaris di Kediri yang pertama yaitu Segi Tumpang. Sekilas makanan ini mirip dengan nasi pecel, namun rasanya berbeda. Sego tumpeng merupakan makanan yang berisi sayuran tewel, kacang panjang, kenikir, kecambah hingga sambal yang pedas.

Menariknya, sambal tersebut dibuat dari fermentasi tempe yang telah diolah sebelumnya. Rasa sambal dari makanan ini cukup khas. Selain sambalnya yang khas, makanan ini juga disajikan dengan beberapa lauk pauk seperti rempeyek.

2. Sate Bekicot

Makanan yang satu ini sering disebut sebagai kuliner Kediri viral, sebab terbuat dari hewan bekicot. Sate bekicot seringkali disebut dengan istilah sate nol dua. Meskipun terbuat dari bekicot, sate ini memiliki rasa yang lezat sehingga disukai banyak orang.

Sebelum diolah, sate tersebut dicuci hingga bersih. Kemudian bekicot tersebut dibagi menjadi 3 bagian sebelum ditusuk. Selain itu, daging bekicot tersebut dimasukkan dalam racikan bumbu seperti bawang putih, kecap manis, cuka dan merica.

3. Soto Kediri

Jika Lamongan memiliki soto yang khas, maka Kediri juga memiliki Soto yang cukup populer. Hampir sama dengan soto pada umumnya, soto Kediri juga disajikan dengan daging ayam. Selain daging ayam, soto Kediri juga disajikan dengan bahan lainnya.

Adapun bahan lain yang terdapat di soto Kediri meliputi tomat, soun, hingga potongan telur rebus. Setelah itu, bahan tersebut disiram dengan kuah kental yang memiliki rasa khas. Cita rasanya yang lezat, membuat soto ini termasuk dalam kuliner viral Kediri.

4. Getuk Pisang

Kuliner jadul yang satu ini tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Sebab masih banyak orang yang membuat Getuk Pisang untuk dijual atau dikonsumsi pribadi. Secara umum, getuk Pisang dari Kediri terbuat dari pisang raja nangka.

Pisang raja nangka umumnya memiliki rasa manis dan asam. Setelah itu, pisang tersebut dikukus dan dihaluskan dengan campuran garam dan juga gula merah. Tidak hanya itu saja, pisang tersebut nantinya dibungkus menggunakan daun pisang 

5. Tahu Takwa Kuning

Rekomendasi kuliner khas Kediri berikutnya yaitu Tahu Takwa Kuning. Sudah ada sejak zaman dahulu, membuat tahu ini termasuk dalam kuliner jadul. Meskipun menjadi kuliner jadul, namun masyarakat masih menyukai tahu takwa kuning.

Warna kuning yang terdapat pada tahu berasal dari kunyit. Menariknya, Kamu dapat menjumpai tahu kuning saat mengunjungi Kediri. Hampir sama dengan tahu pada umumnya, tahu takwa kuning juga dapat diolah dengan cara digoreng.

Setelah mengetahui kuliner khas Kediri, Kamu bisa mencobanya saat berkunjung ke kota tersebut. Sebab aneka kuliner tersebut memiliki rasa yang khas dan unik, sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar