Rekomendasi Makanan Khas Madura yang Terkenal Unik, Sudah Pernah Coba?

Rekomendasi Makanan Khas Madura yang Terkenal Unik, Sudah Pernah Coba?

Makanan khas Madura
Makanan khas Madura 


Rekomendasi - Sate Madura menjadi salah satu kuliner khas Madura yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain sate, masih banyak makanan khas Madura yang terkenal unik. Oleh karena itu, Madura sering menjadi tujuan wisata kuliner.

Pada saat berkunjung ke Madura, Kamu harus menyempatkan waktu untuk mencoba kuliner khasnya. Sebab kuliner di Madura terkenal dengan rasanya yang unik, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

5 Makanan Khas Madura yang Wajib Dicoba

Makanan khas Madura
Makanan khas Madura 

Secara umum, banyak kuliner Madura yang tidak bisa Kamu temukan di kota lainnya. Oleh karena itu, Kamu harus mencoba aneka menu Madura yang sudah cukup populer. Berikut beberapa menu Madura yang wajib Kamu coba, yakni:

1. Lorjuk

Bagi pecinta seafood, maka menu Madura yang satu ini wajib dicoba. Sama halnya dengan sate Madura, Lorjuk juga populer di kalangan masyarakat. Terlebih Lorjuk tidak ditemukan di daerah lainnya, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mencoba.

Secara umum, lorjuk merupakan kerang yang pengolahannya membutuhkan waktu lama. Bahkan lorjuk harus dijemur terlebih dahulu sampai kulit kerang mengelupas. Menariknya, lorjuk bisa diolah menjadi tumis dan digunakan sebagai bahan rengginang.

2. Sate Laler

Pada dasarnya, sate laler mirip dengan sate Madura. Hanya saja sate ini sengaja dipotong kecil-kecil, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai sate lalat atau lalat. Namanya yang unik, membuat banyak wisatawan luar kota tertarik untuk mencoba.

Hampir sama dengan sate pada umumnya, sate laler juga disajikan dengan sambal kacang dan kecap. Perpaduan bumbu kacang yang khas, membuat sate laler memiliki cita rasa lezat. Oleh karena itu, Kamu wajib mencobanya saat berada di Madura.

3. Bebek Songkem

Apabila Kamu mencari kuliner khas Sampang, maka Bebek Songkem dapat menjadi pilihan tepat. Makanan ini secara umum diolah dengan cara dikukus didalam daun pisang. Sebelum dibungkus daun pisang, bebek diberi bumbu terlebih dahulu.

Dimasak dengan rempah pilihan, membuat cita rasa bebek songkem cukup lezat. Uniknya, bebek ini dimasak dengan posisi sungkem. Oleh karena itu, makanan ini disebut bebek songkem. Menariknya, bebek songkem di kukus dengan batang pohon pisang.

4. Dhun Adhun

Bagi masyarakat Madura, tentu sudah tidak asing dengan Dhun Adhun. Sebab Dhun Adhun sering menjadi incaran para wisatawan yang tengah berburu kuliner khas Madura. Secara umum, Dhun Adhun Madura berisi lontong sayur dan daging ayam.

Selain itu, Dhun Adhun Madura juga disajikan dengan kuah yang berasal dari santan dan bumbu rempah pilihan. Oleh karena itu, kuliner ini memiliki rasa yang lezat dan unik. Jika Kamu ingin mencoba kuliner ini, bisa datang ke pasar tradisional Rongtengah.

5. Kaldu Kokot

Makanan khas Madura selanjutnya yaitu Kaldu Kokot. Secara umum, kaldu Kokot merupakan sup yang disajikan dengan kuah. Dimana kuah tersebut berasal dari rebusan kacang hijau yang ditambah dengan Kokot, sehingga rasanya cukup lezat.

Tidak hanya itu saja, kaldu kokot juga disajikan dengan balungan atau tulang sapi. Hal inilah yang membuat kaldu Kokot cukup populer. Selain gurih, kaldu kokot juga memiliki rasa unik sehingga menarik untuk dicoba saat berada di Madura.

Itulah beberapa makanan khas Madura yang populer di kalangan masyarakat. Aneka kuliner tersebut memiliki cita rasa yang lezat, sehingga menarik untuk dicoba. Terlebih Kamu bisa menemukannya dengan mudah saat berada di Madura.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar