Rekomendasi Bahan Alami untuk Basmi Rayap, Dijamin Ampuh!

Bahan alami untuk basmi rayap
Bahan alami untuk basmi rayap


Rekomendasi - Rayap atau inai-inai merupakan serangga kecil yang biasa tinggal di lingkungan dengan suhu udara lembab. Perkembangannya yang cepat dan merusak barang membuat sebagian orang menggunakan bahan alami untuk basmi rayap. 

Pada dasarnya, rayap merupakan serangga yang sering memakan kayu. Oleh karena itu, banyak lemari ataupun barang lainnya yang cepat rapuh jika dijadikan sebagai sarang rayap. Selain itu, rayap juga membuat lingkungan tampak kumuh dan lembap.

5 Bahan Alami untuk Basmi Rayap yang Mudah Dicari

Bahan alami untuk basmi rayap
Bahan alami untuk basmi rayap

Cara mengusir rayap di kayu memang sering dipertanyakan banyak orang. Sebab jika rayap dibiarkan begitu saja, maka pertumbuhannya akan cepat dan kayu mudah rapuh. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membasmi rayap, yakni:

1. Daun Mint

Apabila Kamu memiliki daun mint, maka dapat dijadikan sebagai cara mengusir rayap di kayu. Sebab daun mint memiliki aroma yang menyengat, sehingga rayap tidak kuat untuk menciumnya. Selain daun mint, Kamu juga bisa menggunakan permen mint.

Menariknya, cara mengusir rayap di kayu menggunakan daun mint tidak berbahaya. Sebab daun mint bukanlah bahan kimia, sehingga cocok diterapkan bagi Kamu yang memiliki anak. Terlebih Kamu hanya perlu menaruh daun mint di sarang rayap.

2. Daun Salam dan Kemangi

Selain daun mint, daun salam dan daun kemangi juga dapat dijadikan sebagai cara mengusir rayap di tembok atau di kayu. Hal ini disebabkan karena daun salam serta daun kemangi memiliki bau menyengat, sehingga membuat rayap tidak kuat.

Tidak hanya itu saja, cara mengusir rayap di tembok dengan daun salam dan daun kemangi juga terbilang cukup mudah. Sebab Kamu hanya perlu meletakkan dua bahan tersebut di sekitar tembok. Lakukan cara ini secara rutin, agar hasilnya lebih maksimal.

3. Semprotkan Air Garam dan Air Sabun

Cara mengusir rayap di tembok yang selanjutnya yaitu menggunakan campuran air garam dan sabun. Cairan ini dipercaya dapat e ganggu sistem pernapasan rayap. Oleh karena itu, secara perlahan rayap akan mati dan barang atau tembok lebih awet lagi.

Tidak hanya itu saja, bau wangi dari sabun dapat mengganggu rayap. Bahkan bahan kimianya merupakan racun bagi rayap. Ketika akan mencoba cara ini, Kamu hanya perlu melarutkan 1 sendok makan dengan 2 sendok sabun cair ke dalam botol spray.

4. Kapur Barus

Rekomendasi bahan alam untuk basmi rayap yakni kapur barus. Kapur barus sendiri memiliki aroma yang cukup menyengat serta mengandung zat kimia naftalena yang tidak disukai rayap. Oleh karena itu, kapur Barus bisa digunakan untuk basmi rayap.

Cara membasmi rayap dengan kapur barus terbilang cukup mudah. Sebab Kamu hanya perlu meletakkan kapur barus di area yang dijadikan rayap bersarang. Lakukan cara membasmi rayap dengan kapur barus secara berulang-ulang agar hasilnya maksimal.

5. Rumput Vetiver

Selain mempelajari cara membasmi rayap dengan kapur Barus, Kamu juga harus mempelajari cara membasmi rayap dengan rumput vetiver. Sebab rumput vetiver mengandung senyawa kimia atau disebut nootkatone yang tidak disukai oleh rayap. 

Secara umum, rumput ini dapat digunakan untuk menangkal berbagai macam hama lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang menanam rumput vetiver di pekarangan rumah. Terlebih cara menanam rumput ini terbilang cukup mudah.

Beberapa bahan alami untuk basmi rayap tersebut memang mudah dicari. Oleh karena itu, Kamu bisa memanfaatkannya untuk membasmi rayap. Sebab rayap pertumbuhannya cukup cepat dan bisa merusak barang.

Dwi Synta

Hai, saya Synta, seorang SEO Content Writer dengan pengalaman 3 tahun Suka menciptakan konten yang ramah mesin pencari dan bermanfaat bagi semua orang. Ayo tingkatkan ilmu SEO! �� #SEOContentExpert

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak