Rekomendasi Kue Lebaran Jadul yang Populer, Tertarik Mencoba?

Kue jadul lebaran
Kue jadul lebaran 

Rekomendasi - Pada hari raya idul fitri, mayoritas umat muslim akan menyediakan jajanan atau hidangan untuk tamu. Terlebih saat ini sudah banyak kue lebaran kekinian. Meskipun demikian, masih banyak orang yang menyajikan kue lebaran jadul.

Kue lebaran kekinian memang mudah dicari. Namun kue lebaran yang sudah jadul bisa membuat seseorang nostalgia. Oleh karena itu, masih banyak masyarakat yang berburu jajanan jadul di pasar, toko jingga online shop. Terlebih jajanan jadul mulai jarang dijual.

5 Kue Lebaran Jadul yang Sempat Populer

Kue jadul lebaran
Kue jadul lebaran 

Kue lebaran kekinian memiliki jenis yang beragam, sehingga dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Namun, Kamu juga bisa membeli kue jadul agar momen lebaran lebih berkesan. Berikut beberapa jajanan jadul yang bisa disajikan saat hari raya idul fitri:

1. Kue Koya

Jajanan yang satu ini terbilang cukup jadul, sebab pembuatannya tanpa oven dan hanya menggunakan sinar matahari. Selain itu, kue kota terbuat dari kacang dan juga tepung ketan. Pada dasarnya, kue koya mulai populer sejak tahun 1980 hingga tahun 1990.

Memiliki rasa manis dan gurih, serta bertekstur renyah membuat kue ini populer di zaman dahulu. Bahkan masyarakat di zaman dahulu sering menjadikan kue koya sebagai jajanan saat lebaran. Namun sayangnya, kue ini mulai jarang diperjualbelikan.

2. Kue Semprong

Termasuk kedalam kue kering jadul, membuat kue semprong sempat populer di zamannya. Kue semprong sendiri merupakan kue yang berbentuk pipa tipis. Selain itu, kue semprong juga dibentuk memanjang dan memiliki tekstur yang cukup renyah.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini masih terbilang sederhana mulai dari tepung berang, gula, santan dan garam. Namun beberapa orang menambahkan sedikit jahe agar rasa kue semakin gurih. Kue ini masih bisa ditemukan di pasar dan online shop.

3. Biskuit Gem Rose

Sebagian anak muda di zaman dahulu tentu sudah tidak asing dengan kue kering jadul yang satu ini. Sebab bentuknya cukup unik, sehingga menarik untuk dicoba. Biskuit gem rose sendiri merupakan kue jadul yang memiliki rasa gurih dan juga manis.

Tidak hanya itu saja, terdapat hiasan bunga diatas biskuit. Hiasan inilah yang kerap mencuri perhatian banyak orang. Oleh karena itu, biskuit gem rose sering disajikan di hari raya idul fitri. Namun sayangnya keberadaan biskuit gen rose mulai langka.

4. Kue Lidah Kucing

Kue lebaran jadul yang berikutnya yaitu kue lidah kucing. Meskipun termasuk kedalam kue kering jadul, namun lidah kucing masih ada hingga zaman sekarang. Bahkan masih banyak masyarakat yang menjadikan kue lidah kucing sebagai jajanan saat lebaran.

Rasa kue lidah kucing cukup manis dan gurih. Oleh karena itu, tidak heran jika kue lidah kucing masih populer hingga sekarang. Menjaring lagi, kue lidah kucing seringkali dihiasi dengan topping keju, mocca, coklat, gula halus dan lainnya.

5. Kembang Goyang

Kue jadul basah mungkin jarang disajikan saat momen lebaran. H ini disebabkan karena kue jadul basah mudah basi, sehingga kurang cocok saat disajikan di momen lebaran. Kembang goyang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti kue jadul basah. 

Rasa kembang goyang cukup manis dan gurih, serta tentunya cukup renyah. Secara umum, kembang goyang terbuat dari tepung ketan dan juga tepung terigu. Termasuk kedalam kue tradisional khas Betawi, membuat kembang goyang cukup populer.

Aneka kue lebaran jadul dapat dijadikan sebagai sajian saat lebaran. Namun sayangnya beberapa jajanan tersebut mulai jarang dijual. Meskipun demikian, Kamu bisa menggunakan kue lainnya yang mudah dicari.

Dwi Synta

Hai, saya Synta, seorang SEO Content Writer dengan pengalaman 3 tahun Suka menciptakan konten yang ramah mesin pencari dan bermanfaat bagi semua orang. Ayo tingkatkan ilmu SEO! �� #SEOContentExpert

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak