Rekomendasi Makanan Khas Banten yang Unik dan Lezat, Dijamin Bikin Ketagihan!

Rekomendasi Makanan Khas Banten yang Unik dan Lezat, Dijamin Bikin Ketagihan!

Makanan khas Banten
Makanan khas Banten 


Rekomendasi - Dikenal sebagai Tanah Jawara membuat Banten populer di kalangan masyarakat. Terlebih banyak makanan khas Banten yang unik dan lezat. Hal inilah yang membuat beberapa orang memilih Banten sebagai tujuan wisata kuliner.

Awalnya Banten merupakan daerah yang satu provinsi dengan Jawa Barat. Namun pada tahun 1999, Banten resmi memisahkan diri dari Jawa Barat. Oleh karena itu, Banten sudah tidak asing di kalangan masyarakat baik masyarakat Banten ataupun sekitarnya.

5 Makanan Khas Banten yang Terkenal

Makanan khas Banten
Makanan khas Banten


Pada saat mengunjungi Banten, kurang afdol jika Kita tidak mencoba kulinernya. Sebab banyak kuliner lezat yang memiliki rasa lezat dan unik. Selain berburu oleh-oleh khas Banten, Kamu harus meluangkan waktu untuk mencoba kuliner Banten seperti:

1. Sate Bandeng

Secara umum, ikan bandeng akan diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar. Namun di Banten, ikan bandeng dijadikan menjadi sate. Sekilas sate ini hampir sama dengan sate lilit khas Bali. Sebelum diolah, ikan bandeng dipisahkan dari durinya terlebih dulu.

Selain itu, ikan bandeng dibentuk bulan kemudian diberi bumbu rahasia. Setelah itu, sate dibakar seperti sate pada umumnya. Rasa sate bandeng terbilang cukup unik dan lezat, sehingga sate bandeng sering disukai oleh para wisatawan dari luar kota.

2. Rebeng

Selain sate bandeng, terdapat Rebeng makanan khas Banten. Menurut beberapa masyarakat, rebeng makanan khas Banteng terinspirasi dari negara Arab. Dimana makanan ini sekilas mirip semur dan tengkleng, sehingga menarik untuk dicoba 

Pada saat mengunjungi Banten, Kamu harus meluangkan waktu untuk mencoba Rebeng. Sebab rebeng makanan khas Banten yang terbuat dari daging sapi ataupun kambing putih. Tekstur daging tersebut cukup empuk, serta bumbunya meresap hingga kedalam.

3. Sate Bebek

Selain mengunjungi pusat oleh-oleh khas Banten Kamu juga harus meluangkan waktu untuk mencoba sate bebek. Sebab makanan khas Banten yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Dimana sate bebek di Banten memiliki tekstur yang empuk.

Sebelum dibakar, sate bebek biasanya akan direndam dengan bumbu selama 1 hari. Oleh karena itu, bumbunya meresap hingga kedalam daging. Sate bebek di Banten biasanya disajikan dengan nasi putih, kelontong, sambal kacang atau sambal Banten.

4. Kue Pasung

Apabila sedang di Banten, Kamu harus meluangkan waktu untuk mencoba kue Pasung. Dimana kue ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, santan dan kelapa parut. Oleh karena itu, rasanya cukup lezat sehingga menarik untuk dicoba saat di Banten.

Rasa dari kue Pasung cukup gurih dan manis, serta aromanya cukup khas. Sekilas kue ini mirip dengan kue Pasung khas Bali. Meskipun mirip namun keduanya memiliki beberapa perbedaan yang dapat Kita ketahui setelah mencobanya. 

5. Sambal Buroq

Selain berburu oleh-oleh khas Banten, Kamu juga harus meluangkan waktu untuk mencoba sambal Buroq. Sebab sambal ini memiliki rasa yang unik dan pedas. Dimana sambal ini terbuat dari cabai ijo serta kulit melinjo sehingga rasanya cukup unik.

Meskipun terbilang unik, banyak masyarakat yang menyukai sambal Buroq. Sebab rasanya cukup pedas sehingga cocok dijadikan sebagai lauk-pauk. Menariknya lagi, sambal ini akan terasa lebih lezat saat disajikan dengan nasi yang masih hangat.

Berbagai makanan khas Banten tersebut memiliki rasa yang lezat sehingga menarik dicoba. Terlebih sudah banyak warung makan yang menyediakan makanan tersebut. Oleh karena itu, Kamu harus meluangkan waktu untuk mencoba anak kuliner di Banten.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar