Rekomendasi Makanan Khas Pacitan yang Terkenal Lezat, Wajib Dicoba!

Rekomendasi Makanan Khas Pacitan yang Terkenal Lezat, Wajib Dicoba!

Makanan khas Pacitan
Makanan khas Pacitan

Rekomendasi - Pacitan merupakan kota kecil yang terletak di ujung provinsi Jawa Timur. Meskipun demikian, kota ini memiliki banyak destinasi wisata alam. Bahkan terdapat makanan khas Pacitan yang kerap dicoba oleh wisatawan dari luar kota.

Pada saat mengunjungi kota ini, Kamu harus meluangkan waktu untuk mencoba minuman khas Pacitan dan makanannya. Sebab terdapat minuman khas Pacitan yang terkenal menyegarkan. Alasan inilah yang membuat Pacitan ramai saat waktu liburan.

5 Makanan Khas Pacitan yang Memiliki Rasa Khas

Makanan khas Pacitan
Makanan khas Pacitan

Selain membeli minuman khas Pacitan, Kamu juga harus membeli makanannya. Sebab terdapat berbagai menu makanan yang memiliki rasa unik. Berikut beberapa makanan yang wajib dicoba saat sedang berada di Pacitan, yakni:

1. Soto Pacitan

Ketika berkunjung ke Pacitan, kurang afdol rasanya jika tidak mencoba soto khasnya. Sebab soto ini memiliki kuah yang bening, namun rasa rempah-rempahnya cukup terasa. Selain itu, soto Pacitan juga disajikan dengan taburan kacang goreng hingga tauge.

Menariknya, soto ayam ini menggunakan suwiran ayam kampung. Oleh karena itu, rasanya lebih khas dan lezat. Jika Kamu ingin mencoba kuliner ini bisa datang ke jalan Raya Kebonagung KM 6, Kebonagung Pacitan atau Warung Soto Bu Maryati.

2. Tahu Ikan Tuna

Jika Kamu berburu oleh-oleh khas Pacitan, maka tahu ikan tuna dapat dijadikan sebagai pilihan. Sama dengan tahu isi lainnya, tahu ini terbuat dari isian ikan tuna yang masih segar. Oleh karena itu, rasa tahu ikan tuna cukup lezat dan cocok untuk buah tangan.

Tahu ikan tuna bisa ditemukan di beberapa pusat oleh-oleh khas Pacitan. Menariknya lagi, harga oleh-oleh khas Pacitan yang satu ini cukup murah yakni sekitar Rp 11.000 per 10 pcs. Oleh karena itu, tidak heran jika tahu ikan tuna cukup populer di masyarakat.

3. Kupat Tahu

Apabila Kamu mencari makanan khas Pacitan yang disukai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, maka kupat tahu jawabannya. Meskipun kupat tahu sering disajikan di daerah lainnya, namun rasa kupat tahu khas Pacitan cukup lezat dan juga khas.

Secara umum, kupat tahu berisi potongan lontong dan juga tahu. Kemudian kupat tahu tersebut akan diberi taburan bawang goreng,kacang goreng, seledri, tauge, dan disiram dengan kuah penuh. Selain itu, kupat tahu di Pacitan sering dimakan dengan kerupuk.

4. Jadah Bakar

Secara umum, jadah bakar termasuk makanan jadul khas Pacitan. Sebab jadah bakar sudah ada sejak zaman dahulu, namun peminatnya masih tinggi hingga saat ini. Terlebih jadah bakar memiliki rasa yang gurih sehingga cocok disantap di sore hari.

Secara umum, makanan ini akan dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah. Selanjutnya jadah tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang. Saat dipanggang, aroma jadah bakar cukup kuat dan mampu menggoda selera.

5. Sale Anggur

Selain mencoba makanan jadul Pacitan, Kamu juga harus mencoba makanan modern seperti sale Anggur. Jika Kamu berpikir bahwa sale Anggur terbuat dari buah anggur maka pikiran tersebut salah. Sebab sale ini terbuat dari buah pisang.

Meskipun terbuat dari buah pisang, sale Anggur sengaja dibentuk menyerupai buah anggur. Bahkan rasa dari sale Anggur cukup legit dan manis. Sementara dari segi harga, sale ini hanya dijual sekitar Rp 5.000 per porsi sehingga cocok untuk oleh-oleh.

Itulah beberapa makanan khas Pacitan yang menarik untuk dicoba. Menariknya, makanan jadul khas Pacitan dan makanan modern bisa ditemukan di beberapa sudut kota. Terlebih terdapat pusat oleh-oleh yang bisa dikunjungi sebelum kembali ke rumah. 

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar