Rekomendasi Pakan Ayam yang Mudah Dicari, Cocok untuk Usaha Ternak

Rekomendasi Pakan Ayam yang Mudah Dicari, Cocok untuk Usaha Ternak

Pakan Ayam yang Mudah Dicari
Pakan Ayam yang Mudah Dicari


Rekomendasi - Saat ini banyak pakan ayam yang mudah dicari. Meskipun demikian, Kamu harus memastikan bahwa kandungan gizi yang terdapat pada pakan ayam. Hal ini bertujuan agar ayam ternak tumbuh dengan baik, sehingga memberikan keuntungan.

Pakan ayam yang memiliki nutrisi tinggi, akan mempercepat proses pertumbuhan ayam. Bahkan jika yam termasuk jenis petelur, maka telur yang dihasilkan jauh lebih banyak. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih pakan ayam yang tinggi protein dan nutrisi.

5 Pakan Ayam yang Mudah Dicari dan Tinggi Gizi

Pakan Ayam yang Mudah Dicari
Pakan Ayam yang Mudah Dicari


Secara umum, pakan ayam kampung dengan ayam broiler tentu hampir sama. Oleh karena itu, Kamu bisa membeli pakan ayam kampung jika memiliki usaha ternak ayam. Namun, jika kesulitan untuk memilih jenis pakan bisa memperhatikan referensi berikut:

1. Jagung Giling

Sebagian orang tentu sudah tidak asing dengan jagung. Sebab jagung termasuk makanan manusia dan juga ayam. Namun, jagung yang dikonsumsi manusia dengan pakan ayam berbeda. Sebab jagung pakan ayam memiliki tekstur yang lebih keras.

Tidak hanya itu saja, jagung untuk pakan ayam biasanya digiling terlebih dahulu. Menariknya, jagung giling mudah didapatkan. Bahkan terdapat kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan ayam, sehingga usaha ternak bisa berjalan lancar.

2. Pur

Selain jagung giling, terdapat pakan ayam kampung yang mudah dicari yakni Pur. Meskipun mudah didapatkan, Kamu harus memperhatikan jenis pur dan harganya. Sebab jenis pur dan harganya cukup bervariasi, sehingga dapat dipilih sesuai keinginan.

Pada saat memilih jenis pur, usahakan untuk memperhatikan kandungan nutrisi didalamnya. Hal ini bertujuan agar ayam ternak bisa tumbuh dengan baik. Sebab asupan nutrisi mempengaruhi tumbuh kembang hewan ternak dalam jangka panjang.

3. Bekatul

Selain jenis pur dan harganya yang bervariasi, sekarang banyak pakan ayam pedaging murah yakni bekatul atau dedak. Bekatul sendiri terbuat dari limbah padi, sehingga kandungan nutrisinya cukup rendah. Namun, bekatul sering dipilih oleh pengusaha ternak.

Selain mudah dicari, pakan ayam pedaging murah yang satu ini disukai oleh hewan ternak. Bahkan terdapat beberapa peternak yang memberikan bekatul pada kambing. Meskipun demikian, Kamu harus memberikan pakan lain agar ayam tumbuh maksimal.

4. Singkong Cincang

Meskipun sudah banyak pakan ayam yang mudah dicari, namun peternak sering membuat pakan alami seperti singkong Cincang. Hal ini bertujuan agar biaya yang dikeluarkan untuk usaha ternak tidak terlalu banyak. Terlebih singkong harganya murah.

Sebelum diberikan kepada ayam, Kamu harus mencincang ubi dengan halus. Hal ini bertujuan agar ayam bisa mencerna singkong dengan mudah. Selain itu, hindari membiarkan singkong terlalu lama agar tidak terkena kuman dan juga bakteri jahat.

5. Pelet 

Jika Kamu mencari pakan ayam pedaging murah, maka pelet dapat dijadikan sebagai pilihan. Dimana pelet sendiri sering dijual di pasar hewan atau pet shop. Namun, Kamu bisa memanfaatkan bahan yang terdapat dirumah untuk membuat pelet.

Adapun bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat pelet meliputi singkong, sisa sayuran, dan sisa biji-bijian. Haluskan semua bahan tersebut, dan bentuk menggunakan pelet. Selain murah, bahan tersebut juga dapat menghasilkan pelet dalam jumlah besar.

Itulah beberapa pakan ayam yang mudah dicari serta memiliki harga murah. Setelah mengetahuinya, Kamu dapat memilih jenis pakan yang sesuai keinginan. Namun pastikan bahwa pakan yang dipilih memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar