6 Rekomendasi Teknologi AI dalam Kehidupan Manusia

6 Rekomendasi Teknologi AI dalam Kehidupan Manusia

6 Rekomendasi Teknologi AI dalam Kehidupan Manusia


Rekomendasi - Kemajuan teknologi terlihat dari adanya teknologi AI yang bisa Anda gunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Teknologi tersebut bisa membantu untuk membantu berbagai aktivitas manusia.

Karena itu, Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan AI dan fungsinya dalam kehidupan. AI adalah Artificial Intelligence di bidang komputer yang memiliki kemampuan khusus yaitu untuk memecahkan masalah.


Contoh Teknologi AI

6 Rekomendasi Teknologi AI dalam Kehidupan Manusia


Salah satu contoh AI yang banyak digunakan dalam aktivitas manusia adalah ChatGPT sejak 2022. Situs ini dirilis oleh Open AI sehingga bisa menarik banyak perhatian, khususnya para penulis. Hal ini karena Chat GPT bisa mencari informasi dalam waktu sekian detik saja. Ada lagi contoh AI lainnya sebagai berikut.


1.  Media Sosial

Media sosial adalah salah satu AI yang banyak dimanfaatkan sekarang karena digunakan hampir setiap hari. Contohnya adalah Instagram dan Facebook karena sama-sama menggunakan AI untuk mempelajari hal yang disuka dari para pengguna.

Sama-sama menggunakan AI untuk membantu pengguna menghasilkan konten yang bermanfaat sehingga bisa mengembangkan akun. Tidak hanya dua aplikasi tersebut, Twitter juga menggunakan AI untuk mendeteksi beberapa postingan.

Postingan tersebut biasanya mengandung ujaran kebencian serta mencari tahu siapa pengguna yang menulis tweet tersebut. AI biasanya akan menampilkan konten-konten dari para pengguna sesuai dengan kebutuhan.


2.  Aplikasi untuk Streaming Film dan Musik

Adapun contoh teknologi AI adalah aplikasi streaming film dan musik seperti Apple Music, Joox, dan Spotify dan aplikasi streaming film lainnya. Contohnya adalah Vidio yang terkenal di Indonesia untuk menghasilkan film seru dan menarik.

Platform film tersebut adalah penerapan AI untuk membantu pengguna mencari tontonan yang seru. Contohnya seperti Anda akan mengakses layanan streaming musik, maka akan menghadirkan lagu-lagu yang memang sesuai genre kesukaan.

Tentu saja tanpa adanya teknologi tersebut karena memungkinkan pengguna mendengarkan banyak lagu tanpa perlu terjeda lagu lain.


3.  Aplikasi Transportasi Online

Apakah Anda tahu Maxim atau Gojek? Itu adalah contoh penerapan AI yang dapat memudahkan proses pengoperasian bagi pengguna. Contohnya adalah terdapat fitur interaksi saat memesan makanan atau kendaraan.

Anda bisa bertanya posisi terakhir driver beserta estimasi waktu kira-kira berapa lama yang dibutuhkan agar tiba di lokasi penjemputan. Karena itu, Anda tidak perlu terburu-buru saat akan bepergian dan bisa bersiap-siap dulu.


4.  Kamera Ponsel

Adapun contoh teknologi AI berikutnya adalah kamera ponsel yang digunakan karena ada kegunaan di sana. Dengan penerapan teknologi tersebut, Anda bisa mengambil gambar, video, dan mendeteksi wajah dengan kualitas konten yang paling menarik dan jernih.


5.  Asisten Virtual

Berikutnya adalah asisten virtual dari Google Assistant atau siri milik iPhone yang bisa dideteksi ketika Anda lupa meletakkan ponsel. Anda tinggal memanggil dengan sebutan siri agar bisa menemukan ponsel tersebut.

Selain itu, dengan adanya teknologi ini dapat mengumpulkan informasi yang membutuhkan jawaban dalam bentuk pesan suara, seperti asisten pribadi.


6.  Game Online

Adapun AI berikutnya adalah permainan online yang menantang para gamers. Ada beberapa contoh permainan online yang bisa Anda mainkan jika ingin tahu bagaimana penerapan AI itu, berikut beberapa permainan onlin tersebut.

  • Player Experience Modeling untuk menyeimbangkan tingkat kesulitan para pemain agar pengguna bisa memainkannya sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing.
  • Procedural Content Generation yaitu dapat menggunakan machine learning sehingga bisa membuat lingkungan game yang baru.
  • NPC dikelola oleh AI sehingga bisa bereaksi secara dinamis sesuai dengan tindakan para pemain.

Ada banyak penerapan teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari yang bisa membantu Anda menyelesaikan masalah.


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar