7 Rekomendasi Tips Belajar Efektif yang Bisa Diterapkan Siswa

7 Rekomendasi Tips Belajar Efektif yang Bisa Diterapkan Siswa

 

7 Rekomendasi Tips Belajar Efektif yang Bisa Diterapkan Siswa

Rekomendasi - Agar siswa bisa mendapatkan pencapaian dalam dunia pendidikan, perlu untuk menerapkan tips belajar efektif yang bisa Anda terapkan. Karena itu, Anda perlu menerapkan strategi pembelajaran agar bisa menguasai materi.

Tips-tips tersebut berupa teknik pengaturan waktu yang tepat sehingga bisa merasakan ketika belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Pendidikan terbagi menjadi dua yaitu pendidikan formal dan non formal.


Tips Belajar Efektif

7 Rekomendasi Tips Belajar Efektif yang Bisa Diterapkan Siswa


Sebagai seorang siswa dan mahasiswa, Anda bisa menerapkan beberapa tips belajar efektif di bawah ini agar bisa memperdalam materi dengan baik.


1.  Membuat Catatan Intisari Pekerjaan

Tips pertama adalah dengan membuat catatan intisari dari setiap materi yang Anda pelajari. Anda bisa mulai mencatat inti-inti dari pembelajaran yang sekiranya mewakili dan menjawab semua isi materi yang sedang dipelajari.

Dengan membuat catatan maka akan lebih mudah untuk memahami materi tersebut sehingga Anda tinggal membaca lagi catatan tersebut agar bisa belajar lebih cepat dan efektif. Dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan ide-ide baru dengan catatan tersebut.


2.  Tidak Perlu Belajar Lebih Lama

Adapun tips belajar efektif berikutnya adalah dengan tidak perlu belajar lebih lama. Jadi, Anda bisa belajar secukupnya namun bisa memahami materi dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu mengatur waktu antara istirahat dan belajar dengan baik agar tidak kelelahan.

Contohnya adalah Anda belajar setiap hari selama 40 menit, lantas bisa beristirahat selama 15 menit. Setelah itu, Anda bisa kembali belajar dan melakukan cara ini secara rutin. Melakukan hal ini lebih efektif daripada Anda memaksakan diri terus menerus tanpa henti.


3.  Membuat Mind Mapping

Berikutnya adalah dengan membuat mind mapping bagi Anda yang tidak terlalu suka mencatat. Jadi, Anda bisa membuat pemetaan dulu mengenai hal-hal yang perlu dipelajari. Langkah pertama dalam membuat mind mapping adalah memetakan informasi dalam bentuk grafis.


4.  Belajar dan Mendengarkan Lagu

Agar belajar menjadi lebih menyenangkan Anda bisa belajar diiringi dengan lagu. Belajar dengan mendengarkan lagu dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan memudahkan materi yang masuk ke otak.


5.  Membuat Catatan dengan Cara yang Kreatif

Tips belajar efektif berikutnya adalah dengan membuat catatan yang kreatif agar lebih mudah dibaca dan diingat. Belajar menggunakan catatan yang bervariasi dan berwarna.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk membuat catatan dengan variasi warna yang kreatif agar lebih terlihat menarik.


6.  Menetapkan Tujuan

Tips berikutnya adalah dengan menetapkan tujuan belajar dulu agar lebih semangat saat mempelajari materi tersebut. Contoh menetapkan tujuan belajar adalah belajar untuk masuk ke perguruan tinggi karena pasti ada nilai minimal yang harus Anda capai agar lolos.

Karena itu, Anda perlu mengatur tujuan dalam belajar agar bisa fokus dengan tujuan tersebut. Tujuan lain adalah misalnya dalam ujian semester ini Anda mendapatkan nilai 90 dalam pelajaran Matematika.


7.  Membuat Suasana Belajar Menjadi Lebih Nyaman

Tips belajar efektif berikutnya adalah membuat suasana menjadi lebih nyaman agar bisa menjaga fokus. Ada sebagian orang yang terbiasa merasakan suasana belajar yang sepi tanpa adanya gangguan, jadi Anda bisa belajar di kafe atau perpustakaan.

Namun, ada juga orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik. Semuanya tergantung pada Anda, jadi kenali dulu bagaimana suasana belajar yang menyenangkan.


Beberapa tips belajar efektif di atas dapat Anda terapkan dalam aktivitas belajar sehari-hari agar lebih fokus menyerap materi. 


Gita Welastiningtias
Halo aku Gita, terimakasih sudah mau mampir di blogku. Kalau mau kepoin instagramku bisa di @dunia.gita atau @gitawelasti.
Posting Komentar