Rekomendasi Bahan Alami untuk Membasmi Nyamuk, Terapkan Mulai Sekarang!

Bahan Alami untuk Membasmi Nyamuk
Bahan Alami untuk Membasmi Nyamuk


Rekomendasi - Nyamuk merupakan salah satu serangga yang sering bersarang di tempat yang lembab dan kumuh. Bahkan nyamuk dapat menyebabkan gatal dan juga demam. Oleh karena itu, banyak orang mencari bahan alami untuk membasmi nyamuk. 

Selain demam berdarah atau DBD, nyamuk juga menyebabkan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, Kamu harus melakukan beberapa cara untuk mengusir nyamuk. Terlebih nyamuk termasuk serangga yang mudah berkembang biak.

5 Bahan Alami untuk Membasmi Nyamuk yang Terbukti Efektif

Bahan Alami untuk Membasmi Nyamuk
Bahan Alami untuk Membasmi Nyamuk

Saat ini memang sudah banyak alat pengusir nyamuk. Namun sayangnya, alat pengusir nyamuk memerlukan listrik untuk menggunakannya. Oleh karena itu, Kamu bisa menggantinya dengan bahan alami yang terdapat disekitar rumah seperti:

1. Minyak Kayu Putih Lemon

Bahan alami yang satu ini, sudah digunakan oleh banyak orang. Sebab minyak kayu putih lemon 95% terbukti efektif dalam melindungi kulit dari gigitan nyamuk selama 3 jam. Cara menggunakan minyak kayu putih lemon terbilang cukup mudah dan simpel.

Jika ingin mencoba cara ini, Kamu bisa mencampurkan minyak tersebut dengan minyak bunga matahari. Kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada anggota tubuh. Meskipun terbuat dari bahan alami, namun cara ini tidak cocok untuk anak-anak.

2. Serai 

Selain menggunakan alat pengusir nyamuk, Kamu bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk seperti serai. Sebab serai termasuk tanaman yang mudah dicari. Tidak hanya itu saja, serai juga mengandung citronella untuk mengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan serai cukup mudah. Sebab Kamu hanya perlu membakar batang serai, kemudian letakkan di tempat yang menjadi sarang nyamuk. Jika cara ini diterapkan dengan baik, maka jumlah nyamuk akan berkurang hingga 50%.

3. Bunga Lavender 

Selain serai, bunga lavender juga termasuk tanaman pengusir nyamuk. Namun sayangnya, tanaman pengusir nyamuk yang satu jarang ditemukan. Padahal bunga lavender memiliki sifat analgesik, antiseptik, antijamur dan sifat lainnya.

Selain mencegah gigitan serangga, bunga lavender juga terbukti efektif dalam menenangkan dan menyejukkan kulit. Cara menggunakan bahan ini cukup mudah, sebab Kamu hanya perlu menghaluskan bunga lavender dan mengoleskan ke tubuh.

4. Minyak Cengkeh

Bahan alami untuk membasmi nyamuk yang satu ini memang sudah jarang ditemukan. Padahal banyak pendapat ahli yang mengatakan bahwa minyak cengkeh terbukti efektif dalam melindungi kulit dari gigitan nyamuk, selama kurang lebih 4 jam.

Penggunaan minyak cengkeh tidak boleh dilakukan tanpa pengecer. Sebab hal ini membahayakan kesehatan kulit. Oleh karena itu, campurkan 1/4 sendok makan minyak cengkeh dengan 100 ml air. Kemudian semprotkan pada baju, kulit dan ruangan.

5. Bubuk Kopi

Kopi merupakan bahan minuman yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan kopi terbilang cukup mudah. Sebab Kamu hanya perlu menabur, bubuk kopi di tempat atau genangan air. Dengan demikian, nyamuk akan mati.

Cara mengusir nyamuk dengan kopi memang mudah. Namun Kamu harus melakukannya dengan konsisten. Hal ini bertujuan agar telur nyamuk dapat mati dengan sempurna. Mengigat nyamuk merupakan serangga yang tumbuh dengan cepat.

Setelah mengetahui cara mengusir nyamuk dengan kopi, Kamu harus menghilangkan genangan air. Sebab genangan air menjadi salah satu tempat yang disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya. 

Bahan alami untuk mengusir nyamuk memang mudah dicari. Namun, Kamu harus melakukannya dengan konsisten. Hal ini bertujuan agar nyamuk dapat dibasmi dengan sempurna sehingga tidak menyebabkan rasa gatal-gatal pada kulit. 

Dwi Synta

Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasi.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak