Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Utara yang Paling Banyak Diminati!

Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Utara yang Paling Banyak Diminati!

Makanan khas Kalimantan Utara
Makanan khas Kalimantan Utara 


Rekomendasi - Mencoba makanan dan minuman khas Kalimantan Utara sering menjadi pilihan banyak orang. Hal ini disebabkan karena makanan dan minuman khas Kalimantan Utara memiliki rasa enak. Bahkan harga makanan dari kota ini cukup murah.

Selain memiliki destinasi wisata yang cukup menarik, banyak makanan dan minuman khas Kalimantan Utara dengan peminat tinggi. Alasan inilah yang membuat Kalimantan Utara selalu ramai oleh wisatawan baik saat akhir pekan atau saat musim liburan.

5 Makanan Khas Kalimantan Utara yang Terenak

Makanan khas Kalimantan Utara
Makanan khas Kalimantan Utara 

Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, kurang lengkap rasanya jika Kamu tidak mencoba kuliner khasnya. Sebab terdapat makanan ringan hingga makanan berat yang menarik dicoba. Berikut beberapa kuliner khas Kalimantan Utara yang menarik dicoba, yakni:

1. Lawa

Secara umum, makanan ini sering dihidangkan untuk para raja. Namun, saat ini sudah banyak pedagang yang menjual Lawa. Selain itu, Lawa bisa ditemukan dengan mudah di Tanjung Selor. Rasa dari Lawa cukup lezat dan gurih sebab terbuat dari rumput laut.

Selain rumput laut, Lawa juga dibuat dari timun. Kemudian kedua bahan tersebut nantinya akan dicampur dengan kelapa sangrai. Tidak hanya itu saja, Lawa nantinya juga ditambahkan udang atau kerang. Tujuannya agar aroma Lawa semakin menggoda.

2. Kue Lapis Cempedak

Apabila Kamu mencari oleh-oleh khas Kalimantan Utara, maka Kue Lapis Cempedak dapat dijadikan sebagai pilihan. Sebab oleh-oleh khas Kalimantan yang satu ini mudah ditemukan. Terlebih kue lapis cempedak memiliki tekstur padat serta rasa yang lezat.

Selain itu, kue lapis ini juga menggunakan bahan berupa campuran santan, gula, dan tepung beras. Selain memiliki rasa yang gurih, kue lapis cempedak juga terasa manis. Hal inilah yang membuat kue lapis dipilih sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Utara. 

3. Kepiting Soka

Makanan khas Kalimantan Utara yang satu ini sangat disukai oleh pecinta Seafood. Sebab kepiting soka merupakan olahan hasil laut. Selain itu, kepiting ini terkenal dengan rendah lemak, tinggi mineral dan tinggi protein. Oleh karena itu, makanan ini populer.

Secara umum, makanan ini diolah dengan saus dan tambahan bumbu rempah-rempah. Hal inilah yang membuat makanan ini disukai oleh banyak wisatawan. Terlebih di Tanjung Selor kepiting ini dimasak dengan digoreng sehingga teksturnya lebih renyah.

4. Tumis Kapah

Bagi pecinta seafood, kurang afdol rasanya jika belum mencoba tumis kapah. Sebab tis kapah merupakan makanan yang berasal dari kerang dengan bentuk pipih. Meskipun penyajian makanan ini cukup sederhana, namun rasanya cukup lezat dan gurih.

Pada saat disajikan, tumis kapah memiliki tekstur yang empuk dan lembut. Selain itu, tumis kapah juga disajikan dengan bumbu rempah-rempah pilihan. Alasan inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik mencoba tumis kapah.

5. Sate Ikan Pari

Jika biasanya sate terbuat dari daging ayam dan daging sapi, maka sate di Kalimantan Utara terbuat dari ikan pari. Menariknya, sate pari disajikan dengan rempah-rempah pilihan. Oleh karena itu bumbunya lebih merata, sehingga rasa sate enak.

Tidak hanya itu saja, sate pari biasa disajikan dengan kecap dan madu. Perpaduan kecap dan bumbu yang menyatu, membuat sate ikan pari terasa lebih lezat. Terlebih tekstur sate ini cukup empuk, sehingga cocok dinikmati oleh semua kalangan.

Beberapa makanan khas Kalimantan Utara tersebut memiliki rasa yang lezat dan unik. Selain itu, Kamu bisa menemukannya dengan mudah di sekitar kawasan wisatawan. Menariknya, akses menuju rumah makan atau wisata terbilang cukup bagus.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar