Rekomendasi Makanan Khas Lombok yang Terkenal Enak Awas Bikin Ngiler!

Rekomendasi Makanan Khas Lombok yang Terkenal Enak Awas Bikin Ngiler!

Makanan Khas Lombok
Makanan Khas Lombok


Rekomendasi - Lombok merupakan satu daerah yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Selain itu, terdapat makanan khas Lombok yang terkenal lezat dan murah. Alasan inilah yang membuat kota Lombok cukup populer di kalangan wisatawan.

Pada saat berkunjung ke Lombok, Kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan wisata kuliner. Sebab terdapat kuliner dengar rasa manis, pedas dan gurih yang menarik dicoba. Menariknya, tempat kuliner di Lombok dapat Kamu temukan dengan mudah.

5 Makanan Khas Lombok yang Terkenal Kelezatannya 

Makanan Khas Lombok
Makanan Khas Lombok

Secara umum, Lombok seringkali menggunakan bumbu rempah yang melimpah dalam setiap makanan. Bahkan bumbu yang digunakan memiliki kualitas terbaik, sehingga rasanya lezat. Berikut beberapa makanan yang wajib dicoba saat berada di Lombok:

1. Ayam Taliwang

Jika Kamu mencari makanan khas Lombok Timur, maka Ayam Taliwang jawabannya. Makanan khas Lombok Timur yang satu ini berbahan dasar ayam. Selain itu, ayam tersebut disajikan dengan nasi panas yang masih hangat dan juga sayur kangkung.

Menariknya, banyak kota yang sudah menjual makanan khas Lombok Timur. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang menemukan Ayam Taliwang di kita lain. Meskipun demikian, rasa ayam taliwang khas Lombok lebih terkenal lezat daripada kota lainnya.

2. Plecing Kangkung

Sebelum berburu makanan khas Lombok Barat, Kamu harus menikmati Plecing Kangkung. Sebab makanan ini sangat cocok dimakan dengan ayam taliwang. Sebab plecing kangkung memiliki rasa yang manis dan pedas, sehingga menggoda selera.

Pada saat, plecing Kangkung merupakan olahan berbahan dasar sayur kangkung yang ditambang dengan terasi dan tomat segar. Meskipun terlihat sederhana, namun terasi yang digunakan berupa terasi khusus yakni Lengkara dengan rasa manis dan gurih.

3. Sate Bulayak

Apabila Kamu mencari makanan khas Lombok Barat, maka sate Bulayak jawabannya. Pada dasarnya, sate ini berbahan ayam. Namun, terdapat bulayak atau lontong yang dibungkus dengan daun aren atau enau sehingga ukurannya lebih kecil dari lontong. 

Selain itu, makanan khas Lombok Barat yang satu ini berbeda dengan sate lainnya. Sebab bumbu kacang pada sate Bulayak terbuat dari kacang tanah sangrai yang ditambang dengan santan. Oleh karena itu, rasanya lebih lezat dan nikmat.

4. Ayam Rarang

Makanan khas Lombok umumnya memiliki bumbu rempah melimpah. Hal ini bisa Kamu rasakan, saat mencoba ayam Rarang. Dimana ayam ini diolah dengan sambal goreng atau plecing, sehingga rasanya cukup pedas. Makanan ini cocok disantap dengan nasi.

Meskipun rasanya cukup pedas, namun banyak wisatawan yang ketagihan. Terlebih ayam ini sangat lezat saat dikonsumsi dengan nasi hangat. Agar lebih nikmat, Kamu juga dapat memesan minuman khas lombok seperti es sarang burung dan lainnya.

5. Nasi Balap Puyung

Sebelum membeli nasi ini, Kamu dapat memesan minuman khas Lombok. Sebab minuman khas Lombok terasa segar, sehingga cocok diminum setelah makan nasi balap puyung. Terlebih nasi ini disajikan dengan beberapa lauk yang membuat haus.

Selain itu, nasi balap puyung juga dapat dijadikan sebagai menu sarapan. Di daerah Jawa, nasi balap puyung lebih populer dengan sebutan nasi kucing. Meskipun disajikan dengan berbagai macam lauk, namun kuliner ini memiliki harga yang relatif terjangkau.

Setelah mengetahui makanan khas Lombok, Kamu dapat merencanakan wisata kuliner sebelum liburan. Hal ini bertujuan agar momen liburan lebih berkesan. Terlebih kuliner di Lombok memiliki rasa yang lezat sehingga sering menggoda selera.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar