Rekomendasi Makanan Khas Toraja yang Dapat Menggugah Selera, Buruan Coba!

Rekomendasi Makanan Khas Toraja yang Dapat Menggugah Selera, Buruan Coba!

makanan khas Toraja
Makanan khas Toraja


Rekomendasi - Mencoba makanan khas Toraja seringkali menjadi pilihan wisatawan saat liburan di Toraja. Terlebih Toraja terkenal sebagai daerah yang kaya akan wisata alam, wisata kuliner hingga budaya. Oleh karena itu, daerah ini sering ramai wisatawan.

Tidak hanya itu saja, wisatawan yang berkunjung ke Toraja juga sering melihat pelaksanaan upacara adat. Hal inilah yang membuat Toraja seringkali mencuri perhatian wisatawan. Terlebih banyak makanan dan minuman khas Toraja yang enak.

5 Makanan Khas Toraja yang Wajib Dicoba

Makanan khas Toraja
Makanan khas Toraja

Ketika liburan di daerah ini, Kamu harus meluangkan waktu untuk mencoba makanan dan minuman khas Toraja. Sebab makanan dan minuman khas Toraja terkenal lezat. Berikut beberapa makanan dari daerah Toraja yang pantang dilewatkan, yakni:

1. Sayur Tuttu (Daun Ubi)

Bagi Kamu yang menyukai sayur-sayuran, maka sayur Tuttu dapat dicoba. Sebab makanan ini terbuat dari daun umbi yang diolah dengan dua cara yakni diberi daging dan diberi parutan kelapa. Meskipun sederhana, namun sayuran ini cukup lezat.

Jika tertarik mencoba kuliner ini, Kamu dapat mengunjungi warung-warung tradisional di Toraja. Ketika mencoba makanan ini, Kamu juga harus memesan nasi hangat. Sebab rasa sayur Tuttu akan terasa lebih nikmat saat disantap bersama nasi yang hangat.

2. Deppa Tori

Selan makanan berat, Kamu juga bisa membeli kue khas Toraja yakni Deppa Tori. Kue khas Toraja yang satu ini terbuat dari tepung beras, tepung ketan kemudian gula cair. Selain itu, dibagikan atasnya ditambah dengan taburan wijen agar aromanya menggoda.

Kue khas Toraja ini memiliki rasa yang manis dan khas. Selain itu, kue ini sangat cocok jika dinikmati di pagi hari ataupun sore hari sambil minum kopi. Rasanya yang lezat, membuat banyak wisatawan menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh khas Toraja.

3. Pantollo Pamarrasan

Selain membeli oleh-oleh khas Toraja, Kamu juga harus mencoba kuliner dari kota ini seperti Pantollo Pamarrasan. Secara umum, Pantollo Pamarrasan biasa disajikan dalam upacara adat. Meskipun demikian, Kamu bisa menemukannya di warung Toraja.

Selain itu, Pantollo Pamarrasan merupakan makanan yang berbahan dasar kluwek. Kemudian makanan ini ditambah dengan isian mulai dari daging merah, salmon, ikan mas dan lainnya. Namun umat muslim harus memastikan bahwa daging bersifat halal. 

4. Pantollo Lendong

Rekomendasi makanan khas Toraja yang selanjutnya yaitu Pantollo Lendong. Pada dasarnya, Pantollo Lendong merupakan makanan yang terbuat dari belut. Selain itu, belut tersebut diolah dengan aneka rempah-rempah sehingga rasanya lebih lezat.

Selain itu,makanan ini juga dibuat dari kluwek. Oleh karena itu, Pantollo Lendong sekilas mirip dengan rawon. Meskipun demikian, Pantollo Lendong sering disajikan dalam upacara adat. Hal inilah yang membuat kuliner ini cukup populer di masyarakat.

5. Dangkot

Selain berburu oleh-oleh khas Toraja, Kamu juga harus mencoba kuliner dari daerah ini seperti Dangkot. Sebab Dangkot sendiri merupakan makanan yang terbuat dari bebek serta beragam rempah-rempah. Bumbunya yang khas membuat bebek tidak amis.

Perpaduan rasa pedas dan gurih bisa Kamu rasakan saat mencoba kuliner ini. Selain itu,u Kamu yang tidak menyukai daging bebek bisa memesan daging ayam. Sebab Dangkot juga sering dibuat dengan daging ayam sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Aneka makanan khas Toraja tersebut memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Oleh karena itu, Kamu harus mencobanya saat berkunjung ke Toraja. Terlebih makanan di daerah ini terbagi menjadi dua jenis halal dan non halal, sehingga dapat dipesan sesuai keinginan.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar