Rekomendasi Makanan untuk Penderita Tipes, Jangan Sampai Salah!

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Tipes, Jangan Sampai Salah!

Makanan untuk penderita tipes
Makanan untuk penderita tipes


Rekomendasi - Pada dasarnya, tipes merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, makanan untuk penderita tipes harus lunak. Hal ini bertujuan agar lambung lebih mudah mengolah makanan yang sudah Kamu konsumsi.

Selain itu, tipes sendiri biasanya disebarkan melalui makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi feses penderitanya. Hal inilah yang membuat penderita tipes harus mendapatkan perawatan lebih, agar penyakit yang dideritanya tidak menular.

5 Makanan untuk Penderita Tipes yang Wajib Diketahui

Makanan untuk penderita tipes
Makanan untuk penderita tipes

Seperti penjelasan sebelumnya, penderita tipes memang harus memperhatikan pola makannya. Hal ini bertujuan agar penyakit yang diderita bisa sembuh seperti sediakala. Berikut beberapa makanan yang cocok dikonsumsi oleh penderita tipes, yakni:

1. Bubur

Sebagian orang tentu sudah tidak asing dengan bubur. Sebab bubur merupakan makanan yang mudah dibuat dan mudah ditemukan. Menariknya, bubur juga cocok dikonsumsi oleh penderita tipes. Hal ini dikarenakan teksturnya cukup lembut dan lunak.

Makanan untuk tipes dan lambung yang satu ini, bisa disajikan dengan ayam suwir atau kecap manis. Cara penyajian makanan untuk tipes dan lambung dapat dilakukan sesuai selera masing-masing individu. Tujuannya agar nafsu makan lebih meningkat drastis.

2. Sayur Bayam

Bagi Kamu yang mencari makanan untuk tipes dan lambung, maka bayam hijau dapat dijadikan sebagai pilihan. Sebab sayur bayam memiliki kandungan zat besi, vitamin, asam folat dan antioksidan. Dimana kandungan tersebut cukup baik untuk tipes.

Agar nafsu makan meningkat, Kamu dapat memilih sayur bayam yang masih segar. Kemudian olah sayur bayam dengan cara direbus baik dijadikan sup ataupun olahan lainnya. Pada saat menguat sayur bayam, Kamu juga harus mengurangi rasa pedas 

3. Puding

Jika Kamu mencari camilan untuk penderita tipes, maka puding jawabannya. Hal ini disebabkan karena tekstur puding cukup lembut dan lunak. Oleh karena itu, puding cocok dijadikan sebagai camilan untuk penderita tipes yang sehat dan bergizi.

Rasa manis yang terdapat pada puding dapat dijadikan sebagai sumber energi saat tubuh lemas. Agar tampilannya lebih menarik, Kamu dapat menyajikan puding dengan berbagai topping mulai dari coklat, buah-buahan dan berbagai topping lainnya.

4. Nasi Putih dan Telur Rebus

Saat menderita penyakit tipes, Kamu harus mengurangi makanan yang pedas dan berminyak. Bahkan Kamu harus mengonsumsi makanan untuk tipes seperti nasi putih dan telur rebus. Hal ini disebabkan karena nasi putih merupakan sumber karbohidrat.

Agar mudah dicerna lambung, Kamu harus menyajikan nasi dengan tekstur lembut. Meskipun lebih berat daripada tekstur camilan untuk penderita tipes. Namun nasi putih dan telur rebus mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.

5. Wortel

Apabila Kamu mencari jus buah untuk tipes, maka wortel bisa dijadikan sebagai pilihan. Sabab jus buah untuk tipes cukup baik untuk kesehatan tubuh. Mengingat saat tipes, tubuh terasa lemas. Terlebih wortel mengandung beta karoten untuk meningkatkan imun.

Tidak hanya itu saja, wortel juga dapat dijadikan sebagai salah satu makanan untuk mempercepat penyembuhan tipes. Terlebih wortel memiliki kandungan sifat anti kanker dari senyawa falcarinol. Hal Inilah yang membuat jus buah untuk tipes cukup diminati.

Setelah mengetahui berbagai makanan untuk penderita tipes, Kamu dapat menerapkannya. Pada saat mengolah makanan, usahakan untuk mengurangi rasa pedas. Sebab lambung masih sensitif dengan makanan yang pedas serta bertekstur kasar.

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar