Rekomendasi Olahraga untuk Ibu Hamil, Bisa Bikin Persalinan Lancar?

Olahraga untuk ibu hamil
Olahraga untuk ibu hamil 

Rekomendasi - Ketika sedang hamil, seorang perempuan harus rutin olahraga. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap sehat hingga persalinan bisa lancar. Terlebih banyak olahraga untuk ibu hamil yang tergolong ringan dan tidak beresiko terhadap janin.

Meskipun ibu hamil dianjurkan untuk olahraga, namun jenis olahraga yang dipilih harus sesuai. Sebab olahraga yang terlalu keras dapat mengganggu kesehatan janin. Hal inilah yang membuat ibu hamil harus memilih olahraga yang ringan namun bermanfaat.

5 Olahraga untuk Ibu Hamil yang Memiliki Banyak Manfaat

Olahraga untuk ibu hamil
Olahraga untuk ibu hamil

Secara umum, manfaat olahraga untuk ibu hamil cukup beragam mulai dari mencegah stress, mencegah berat badan berlebih dan lain sebagainya. Alasan inilah yang membuat ibu hamil harus rajin olahraga. Berikut olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil, yakni:

1. Yoga

Pada dasarnya, olahraga ini dapat dilakukan oleh semua wanita terutama ibu hamil. Sebab yoga dapat melancarkan pernafasan. Tidak hanya itu saja, manfaat olahraga untuk ibu hamil yang satu ini dapat mendukung persiapan panggul ibu saat melahirkan.

Selain itu, yoga juga dapat mengurangi rasa nyeri di pinggul selama hamil. Hal inilah yang membuat banyak ibu hamil memilih yoga sebagai olahraga favorit. Terlebih terdapat banyak manfaat olahraga untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan.

2. Jalan Kaki

Apabila Kamu mencari jenis olahraga untuk ibu hamil 9 bulan, maka jalan kaki dapat dijadikan sebagai pilihan. Selain itu, olahraga untuk ibu hamil 9 bulan yang satu ini cukup fleksibel. Sebab dapat dilakukan didalam rumah ataupun di luar rumah.

Tidak hanya itu saja, olahraga untuk ibu hamil 9 bulan juga memiliki banyak manfaat seperti memperlancar peredaran darah. Agar olahraga ini mendatangkan banyak manfaat, ibu hamil dapat menerapkannya selama 30 menit per hari selama hamil.

3. Peregangan

Olahraga ibu hamil trimester 1 juga harus diperhatikan dengan baik. Sebab di usia 1 bulan, janin masih rawan keguguran. Salah satu olahraga ibu hamil trimester 1 yaitu peregangan. Selain itu, ibu hamil juga dapat menambahkan dumbel sesuai kemampuan.

Apabila ingin menambahkan dumbell, sebaiknya ibu hamil mengkonsultasikan dengan dokter. Hal ini bertujuan agar olahraga ibu hamil trimester 1 tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan janin. Terlebih kesehatan bayi harus diperhatikan dengan baik.

4. Senam Hamil

Rekomendasi olahraga untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu senam hamil. Biasanya olahraga ini diminati oleh banyak ibu hamil. Sebab senam hamil dapat meningkatkan kelenturan stamina serta dapat meningkatkan kekuatan tubuh ibu hamil.

Agar olahraga tidak beresiko terhadap kesehatan janin, ibu hamil bisa mengikuti arahan dari inspektur senam. Jika olahraga ini diterapkan dengan benar, maka ibu hamil akan tetap sehat serta resiko cidera sangatlah kecil.

5. Berenang

Selain yoga, jenis olahraga yang satu ini juga disukai oleh para ibu hamil. Pasalnya tubuh akan terasa lebih ringan saat ibu hamil berada di dalam kolam renang. Selain itu, ibu hamil juga tidak mudah lelah saat bergerak atau berenang didalam kolam.

Berenang juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil seperti memperbaiki kualitas tidur, meringankan nyeri panggul hingga mengatasi pembengkakan di pergelangan kaki. Ketika berenang, ibu hamil disarankan untuk menggunakan gaya dada dan punggung.

Olahraga untuk ibu hamil memang cukup banyak. Namun ibu hamil harus memilih olahraga yang sesuai dengan usia janin. Hal ini bertujuan agar olahraga yang dipilih tidak membahayakan kesehatan janin. 

Dwi Synta

Hai, saya Synta, seorang SEO Content Writer dengan pengalaman 3 tahun Suka menciptakan konten yang ramah mesin pencari dan bermanfaat bagi semua orang. Ayo tingkatkan ilmu SEO! �� #SEOContentExpert

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan Informasi tentang Rekomendasi Kehidupan di Indonesia terkini , trending, serta terpopuler hari ini dari media online Rekomendasid.com melalui platform Google News

Formulir Kontak