Mengenal Lebih dekat dengan Organisasi PAFI, Benarkah Berkaitan dengan Kesehatan?

Mengenal Lebih dekat dengan Organisasi PAFI, Benarkah Berkaitan dengan Kesehatan?

Organisasi PAFI
Organisasi PAFI


Rekomendasi Organisasi PAFi merupakan singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Dimana dlm organisasi ini terdapat banyak farmasi dari beberapa daerah. Oleh karena itu, PAFI saat ini memiliki beberapa cabang yang tersebar di Indonesia.

PAFI sendiri sudah ada sejak proklamasi kemerdekaan RI pada tahun 1945. Dimana PAFI juga memiliki peran yang besar dalam menghapuskan penjajahan. Jika dulu PAFI turut berjuang untuk Indonesia, kini peran PAFI lebih banyak dan luas.

Sebagian pendapat mengatakan bahwa PAFI termasuk organisasi yang tidak pernah absen dalam proses pembangunan negara. Pada tanggal 13 Februari 1946, PAFI telah resmi berdiri di Yogyakarta sebagai organisasi penghimpun tenaga ahli farmasi.

Selain itu, organisasi ini tetap bisa diikuti oleh para apoteker yang masih aktif bekerja. Dengan demikian, wawasan tenaga ahli terkait bidang farmasi semakin luas. Sebab anggota PAFI berasal dari beberapa daerah yang berbeda.

Melalui organisasi ini, ahli farmasi bisa berkontribusi nyata dalam bidang kesehatan. Terlebih saya ini banyak penemuan obat yang harus diuji dan diteliti dengan baik sebelum diedarkan kepada masyarakat luas. 

Tujuan Organisasi PAFI Secara Umum

Organisasi PAFI
Organisasi PAFI

Dalam menjalankan visi misi, PAFI memiliki landasan Pancasila. Artinya organisasi ini bergerak sesuai dengan aturan pemerintah. Tidak hanya itu saja, PAFI juga memiliki beberapa tujuan dalam menjalankan tugas, seperti:

1. Mewujudkan Masyarakat yang Adil Sesuai Undang-undang 

Di negara Indonesia mendapatkan keadilan menjadi hak setiap warga negara. Oleh karena itu, PAFI memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil sesuai dengan undang-undang dan Pancasila. Terlebih di Indonesia semua sama dihadapan hukum.

Ketika melayani pasien, apoteker atau ahli farmasi tidak boleh memandang kasta atau kedudukan. Hal ini juga sejalan dengan tujuan dan visi misi PAFI. Oleh karena itu, tidak heran jika PAFI termasuk dalam organisasi kesehatan yang cukup populer di Indonesia.

2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal

Dunia kesehatan setiap periodenya memiliki perkembangan atau perubahan. Dalam hal ini, PAFI berkomitmen untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Menguat bidang kesehatan menjadi salah satu bidang yang cukup penting.

Seiring berjalannya waktu, kesehatan di Indonesia juga terus mengalami perkembangan. Dengan demikian, PAFI juga menjadi salah satu wadah yang penting bagi para tenaga farmasi. Terlebih farmasi dan nakes memiliki hubungan yang cukup erat.

3. Meningkatkan Pembangunan Farmasi

Ketika seorang pasien sakit, tentu membutuhkan obat-obatan. Disinilah farmasi memiliki peran besar dalam memberikan obat pada pasien. Dengan peranannya yang besar, membuat organisasi ini dapat dijadikan wadah bagi para tenaga farmasi.

Proses pengembangan farmasi memang tidaklah mudah, sebab perlu kerjasama dari beberapa pihak mulai dari pemerintah dan juga lembaga lainnya. Dalam hal ini, para tenaga farmasi dapat bekerja sama guna meningkatkan pembangunan farmasi.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota 

Kesejahteraan anggota menjadi salah satu tujuan dari PAFI. Sebab organisasi ini memiliki visi dan misi yang mulia, sehingga kesejahteraan anggota harus terwujud dengan baik. Mengingat visi misi tersebut bisa terwujud melalui kerjasama antar anggota.

Dikutip dari PAFI  kesejahteraan anggota memiliki cakupan yang luas. Oleh karena itu,u tidak heran jika para apoteker atau ahli farmasi tergabung dengan organisasi ini. Terlebih di beberapa daerah terdapat cabang PAFI sehingga bisa diikuti dengan mudah.

Itulah beberapa tujuan organisasi PAFI yang wajib Kamu ketahui. Setelah mengetahuinya, Kamu bisa menjadikan sebagian referensi ketika akan bergabung dengan organisasi ini. Terlebih organisasi ini memiliki banyak visi misi yang mulia. 

Dwi Synta
Hai saya Synta, seorang Reviewer Influencer dan Penulis di Rekomendasid.com, Saya merekomendasikan pengalaman saya dalam beberapa topik mulai dari Lifestyle, Teknologi, kuliner, Wisata, Barang
Posting Komentar